Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Belajar Kesungguhan Mencintai Alam dan Kebersihan dari Anak OPC

25 Juli 2015 | 25.7.15 WIB Last Updated 2015-07-25T15:51:07Z



Taman OPC (Orang Piaman Creatif) sudah hampir setahun ada di Kota Pariaman. Keberadaannya sangat besar pengaruhnya pada pembangunan dunia pariwisata di Pariaman. Bukti terlibat aktifnya para pemuda memajukan pariwisata dengan kesadaran penuh. OPC benar-benar diisi orang-orang kreatif berjiwa seni dan sadar wisata. Kebersihan paling krusial bagi mereka. Dia tidak peduli itu sampah siapa tetap dia pungut dan membuang pada tempatnya. Sampah dari Pulau Angsoduo pun mereka bawa berkarung-karung ke tepi tanpa diketahui siapapun. Mereka paling anti mengambil muka. Bagi mereka menjaga kebersihan pulau adalah tanggungjawab moral.

Anak OPC bukanlah anak punk. Mereka para seniman alam yang mengabdikan dirinya pada lingkungan. Bagi mereka pohon tanpa paku. Bagi mereka uang bukanlah segala-galanya. Meski mereka membuat taman, membeli properti studio tapi tidak pernah mereka meminta tarif pada pengunjung. Mereka buat kotak kesadaran. Yang berderma silahkan yang tidak mereka tidak pula marah.

Anak OPC anti judi, mabuk dan narkoba. Selama puasa ramadhan kemarin mereka buat kesepakatan bersama setiap anggota OPC harus full puasanya selama ramadhan dan Alhamdulillah terlaksana. Anak OPC jiwanya tanpa pamrih. Tak pernah mereka merengek dan ajukan proposal. Anak OPC mandiri.

Taman OPC berlokasi di Desa Pauh Barat seberang muara Pariaman. Selain di sana juga ada di Pulau Angsoduo. Kepada pengunjung Taman OPC mereka minta dituliskan kesan dan kritikan di secarik kertas karena pengunjung bagi mereka adalah saudara. Mereka selalu mengatakan kata-kata positif pada tamu. Keramahan mereka membuat Taman OPC kian dikenal dan makin ramai.

Anak OPC sering pula sasaran fitnah. Mereka pernah dituding membuat tempat mesum. Mereka dituduh membuat tempat bagi pemakai narkoba. Dan lain-lain sebagainya.

Faktanya, Anak OPC penjaga kampung sesungguhnya. Jika ada pasangan muda mudi mojok malam hari mereka yang mengusir. Jika ada kelompok pemuda berpesta miras di areanya mereka langsung usir tanpa tedeng aling. Mereka konsisten. Konsisten sebagai anak bangsa yang memegang nilai-nilai luhur. Musik mereka balada, bukan triping.

Bersantai di taman OPC sangat mengasyikan. Membuat lupa waktu. Di sana kita belajar sokoguru tentang kebersihan. Di sana kita belajar arti keramahan. Di sana kita tahu apa itu pariwisata sesungguhnya.

Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update