Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Smart City Terealisasi, Kota Pariaman Dipenuhi CCTV

28 April 2015 | 28.4.15 WIB Last Updated 2015-04-28T08:14:17Z



Kota Pariaman akan menyusul Kota Bandung, Surabaya, Bali, Bogor, Banda Aceh dan menjadi kota pertama di Sumatera Barat yang akan menerapkan konsep Smart City berbasis ICT terkontrol oleh sebuah server yang nantinya dikelola oleh Bidang Kominfo di Dishubkominfo Kota Pariaman dan langsung terkoneksi ke ruang kerja Kepala Daerah serta warga melalui aplikasi portable Android dan iOS.

Kota Smart City adalah konsep kota smart live, smart health, smart education dan smart public service yang menggunakan sistem teknologi informasi. Untuk menuju ke arah sana, Pemko Pariaman telah menjalin kontrak kerjasama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun jaringan kabel fiber optic sebagai sarana data service dan tenaga ahli yang nantinya akan ditransfer pada SDM khusus aparatur Pemko Pariaman sebagai pengelola data.

Hal itu diketahui saat Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, didampingi Kadishubkominfo menerima Riviera Rendra Nurcahya, MGR Government Sales Engineer PT Telkom Indonesia Tbk Pusat dan Rini Desfi Arfida, Account Eksecutive, PT Telkom Wilayah Sumbar di ruang kerjanya, Selasa (28/4).

"Kita akan bekerjasama dengan Telkom untuk bangun jalur tol fiber optik. Rupanya Kota kita yang dekat pantai sangat cocok untuk jaringan tersebut," kata Genius.

Masih kata Genius, dengan terwujudnya Smart City di Kota Pariaman, setelah pemasangan cctv, pemerintah akan dengan mudah memantau segala sesuatu di lapangan secara wireles (nirkabel), baik itu jalanan, area wisata, puskesmas, pusat pendidikan dan perkantoran serta sektor lainnya akan bisa dipantau secara realtime, ada juga fasilitas umum yang bisa diakses langsung oleh semua orang melalui perangkat smartphone, baik dalam maupun luarnegeri sehingga Kota Pariaman benar-benar terbuka.

"Sehingga segala kemudahan akan terjadi. Segalanya serba cepat. Kemudian, kita juga usulkan pada Telkom melalui dana CSR-nya untuk melatih pemuda kita melek ITE. Kota Pariaman siap menjadi kota internet, nantinya warga kita memasarkan segala produknya lewat internet. Orang dilapau yang biasanya diskusi politik berubah jadi diskusi ekonomi," pandangan Genius ke depan.

Disaat yang sama, menurut Riviera Rendra Nurcahya, Kota Pariaman sudah mengambil langkah besar dan akan menjadi kota percontohan Smart City di Sumbar.

OLP
×
Berita Terbaru Update