PKBM Bina Saiyo Jalani UN Paket C 2015



Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Saiyo Kota Pariaman akan mengikuti Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK) Paket C setara SMA Tahun 2015 sebanyak 29 orang, yang akan digelar selama 4 hari, terhitung dari tanggal 13 sampai 16 April 2015 bertempat di SMA Negeri 1 Pariaman. Ujian dimulai pukul 13.30 WIB sampai 18.00 WIB. Pada hari itu, peserta ujian sudah harus berada dilokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai.

Untuk diketahui, sebelum mengikuti UNPK, PKBM Bina Saiyo sebelumnya telah mengadakan persiapan proses pembelajaran Paket C selama 3 tahun dan persiapan UN tryout selama 4 hari yang dilaksanakan di lembaga PKBM Bina Saiyo.

Kesiapan peserta didik program kesetaraan Paket C PKBM Bina Saiyo menghadapi UNPK 2015, disampaikan oleh Ketua PKBM Bina Saiyo, Irja, di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Senin (13/4).

Sementara itu, Kabid PNFI Dikpora Kota Pariaman, Pria Sapta Mulia, menambahkan, peserta didik UNPK Paket C/setara SMA saat ini berjumlah 91 orang. Peserta paling banyak berasal dari PKBM Bina Saiyo sebanyak 28 orang peserta didik, diikuti PKBM Ar Raudah 25 peserta didik, PKBM Anyelir sebanyak  28 peserta didik dan 10 peserta didik dari PKBM Amanah.

Pelaksanaan UN bagi warga belajar Paket C/setara SMA ini, katanya, tetap mempedomani Prosedur Operasional Standar (POS) Nomor: 031/Tahun 2015 UN yang dikeluarkan BNSP (adan Nasional Standar Pendidikan). Setiap ruang hanya diisi 20 peserta dan diawasi dua orang pengawas ruang yang berasal dari tutor silang dan guru sekolah dan juga dimonitoring oleh Tim Badan Nasional Standar Pendidikan Kemdikbud RI.

Menyinggung soal kelulusan, tambahnya, ditentukan oleh Ujian Sekolah di PKBM dan ditambah Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK). Kisi-kisi UNPK tidak terlalu jauh berbeda dengan kisi-kisi UN SMA.

”Ingat, UNPK bagi warga belajar program Paket C hanya dilaksanakan satu tahap. Oleh karena itu, peserta UNPK agar menyiapkan diri sebaik-baiknya dan belajar sungguh-sungguh untuk meraih hasil terbaik,” ujar Pria.

Untuk itu, tutupnya, peserta yang mengikuti UNPK pada Program Kesetaraan Paket C ini jangan dipandang sebelah mata, karena kriteria kelululusannya sama dengan sekolah formal.