Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis R Dt Rajo Basa Lantik Pengurus KAN Sikapak Barat

16 April 2015 | 16.4.15 WIB Last Updated 2015-04-16T12:54:06Z



Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis. Rahman, MM Dt. Rajo Basa, melantik pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara periode 2015-2020 yang diketuai oleh Syafrizal, BA. Acara pelantikan dilaksanakan di Kantor Desa Sikapak Barat, Pariaman Utara, Kota Pariaman, Kamis (16/4).

Pada pelantikan kepengurusan KAN Sikapak Barat itu turut hadir Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar S.Sos M.Si, Anggota DPRD Kota Pariaman Arizal, para Kepala SKPD se-Kota Pariaman, Camat Pariaman Utara, Ketua KAN se Kota Pariaman, dan para Kepala Desa.

Ketua LKAAM, yang juga adalah Walikota Pariaman mengatakan, pihaknya atas nama pemerintah daerah dan Ketua LKAAM mengucapkan selamat kepada pengurus KAN Sikapak Barat periode 2015-2020 yang telah dilantik dan diresmikan pada kesempatan tersebut.

"Telah kita bangkit batang tarandam dan telah dipakai kembali baju yang terlipat, yaitu kepada beliau-beliau yang telah dipercaya untuk memakainya," ucap Mukhlis.

Mukhlis menuturkan, mulai saat ini, kepada para beliau yang telah diserahi beban amanah yang sangat berat dan pengharapan yang besar dari masyarakat, agar tetap menjaga adat dan tradisi.

"Dan kenagarian ini memperoleh kebaikan dan mendapatkan perlindungan serta menerima keberkahan," sebutnya.


Bagaimanapun juga, sambung Mukhlis, kewajiban pemangku adat yang duduk dalam KAN adalah sebuah tugas yang sangat berat dan akan dipertanggungjawabkan nantinya, baik di dunia maupun akhirat.

"Karenanya, sangatlah pantas kiranya kita sampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan mereka mengemban amanah tersebut," imbuhnya.

Selanjutnya Mukhlis juga mengharapkan kepada masyarakat Sikapak Barat untuk benar-benar bersedia menempatkan para Ninik Mamak ini sesuai dengan posisi yang seharusnya.

"Hormatilah mereka, karena mereka adalah pemimpin yang sekaligus simbol keberadaan suatu kaum," harapnya.

Dijelaskan Mukhlis, seandainya kita tidak menghormati beliau, tentunya orang lain pun akan berlaku sama. Untuk itu, pahamilah dengan sungguh-sungguh bahwa kehormatan Ninik Mamak adalah kehormatan seluruh kaum dan bahkan kehormatan seluruh alam Minangkabau.

Kepengurusan KAN Sikapak Barat Kecamatan Pariaman Utara yang dilantik dan diresmikan tersebut, adalah; Ketua Syafrizal, BA, Wakil Ketua I Nasril, Wakil Ketua II Alexman Mamuja, Sekretaris Mawardi, Bendahara Zaharmi Ipon, Bidang Urusan Organisasi Kewarisan dan Keanggotaan Drs. Rosdi, H Umarin, Adianalis, Bidang Penyelesaian Sako dan Pusako Nazarudin, Syamsuarlis, Lazuardiman, Bidang Pemberdayaan Tanah Ulayat dan Aset Nagari H Rus'can Iscan, SE, Drs Agusman, H. Elvis Bentrozon, S.Sos, Bidang Pemuda, Seni dan Permainan Anak Nagari M. Nasir Minin, Drs Efirizal, MM, Adrizal.

Di sela acara para tamu dihibur oleh kesenian  silat tradisional yang di mainkan oleh anak - anak silat Harimau Lalok Sikapak Mudiak.


Rza
×
Berita Terbaru Update