Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Festival Seni dan Bintang Qasidah se Sumbar di Gandoriah Konsep Wisata Religi Kota Pariaman

25 April 2015 | 25.4.15 WIB Last Updated 2015-04-25T14:19:32Z



Festival Seni dan Bintang Qasidah Tingkat Sumbar dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar Drs. H. Muslim Kasim, Ak., MM di Panggung Pariwisata Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Jumat (24/04).

Pembukaan acara tersebut turut dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar Drs. H. Salman, MM, Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, S.Sos. M.Si, Sekdako Pariaman, Ir. Armen, MM, Kakankemenag Kota Pariaman H. Dedi Wandra, S. Ag, serta Kakankemenag Kota/Kabupaten se-Sumbar.

Perlombaan tersebut dilaksanakan untuk pertama kalinya di Kota Pariaman sebagai tuan rumah. Perihal itu dikatakan dalam rangka menunjang konsep wisata religi di Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Muslim Kasim menyampaikan bahwa lomba Festival Bintang Qasidah ini hendaknya dijadikan ajang untuk merajut tali silaturrahmi antar kabupaten/kota se-Sumbar.

"Terlebih penting lagi bertujuan menyalurkan bakat-bakat dari generasi muda kita untuk bersaing dan berkompetensi dalam cabang Bintang Qasidah dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari atas nilai-nilai perilaku ajaran Islam. Karena Islam itu indah," ucapnya.

Disaat yang sama, Genius Umar mengungkapkan bahwa seni budaya Islam memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat Islam, oleh karenanya harus terus dikembangkan.

"Dengan terlaksananya lomba ini di Kota Pariaman, para utusan dari kabupaten/kota se-Sumbar dapat menikmati wisata dan kuliner yang ada di Kota Pariaman," sebutnya.

Genius juga berasumsi bahwa seniman-seniman muslim yang tersebar di seluruh wilayah nusantara perlu lebih banyak berdialog, bertukar kreatiftas untuk terus mengembangkan berbagai jenis seni budaya yang bernafaskan Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Namun seni budaya tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam," tambah Genius.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Propinsi Sumbar Drs. H. Salman, MM, berharap seni Qasidah sepantasnya mendapat perhatian dari pemerintah dan semua kalangan.

"Semoga seni Qasidah ini mampu bersaing dengan kesenian lainnya dan tetap selalu mendapat tempat dihati penggemarnya," dia lugas.

Adapun yang akan diperlombakan pada Festival Bintang Qasidah tersebut adalah 3  cabang, yaitu tingkat anak-anak, remaja dan dewasa yang akan dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 26 April 2015.



Phaik/OLP
×
Berita Terbaru Update