Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pascasarjana IAIN IB Hasilkan 1.326 Magister dan 31 Doktor

29 Maret 2015 | 29.3.15 WIB Last Updated 2015-03-29T07:02:28Z




Sebagai mahasiswa pascasarjana tugasnya bukan hanya menyelesaikan tesis sebagai syarat kelulusan dalam menyelesaikan pendidikan. Namun hendaknya mahasiswa pascasarjana mulai membiasakan diri menulis minimal 1 lembar setiap harinya. Dengan kebiasaan tersebut, dapat diharapkan akan lahir sarjana pascasarjana yang memiliki banyak karya tulis.

Rektor Institut Agama Islam  Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang Prof.Dr.Asasriwarni, MH mengungkapkan hal itu pada temu ramah  calon wisudawan/wati dan keluarga dengan civitas akademika Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, Sabtu (28/3/2015) di Pangeran Beach Hotel. Temu ramah dihadiri Direktur Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Awis Karni, M.Ag, Asisten Direktur Prof. Dr.H. Zulmuqim, MA, Ketua Alumni Pascasarjana IAIN IB Dr.Drs. Muslim Tawakal, SH, M.Pd. 

Asasriwarni menambahkan, IAIN terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan berbagai proses belajar mengajar kepada mahasiswa. “Insya Allah proses IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) hanya tinggal persetujuan di Men-PAN. Mudah-mudahan impian UIN segera terwujud. Begitu pula kampus baru IAIN di Sungai Bangek diharapkan bisa pula dimulai,” harap Asasriwarni.

Direktur Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Awis Karni, M.Ag, menyebutkan, Program Pascasarjana  IAIN Imam Bonjol Padang tahun 2015 ini  menghasilkan lulusan sebanyak 91 orang wisudawan/wati. Pelaksanaan wisuda berlangsung Selasa (31/3/2015) di aula serbaguna kampus IAIN IB Lubuk Lintah Padang yang akan dihadiri langsung Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Rencananya wisuda Sabtu (28/3/2015) kemaren. Kehadiran Menteri ini diharapkan akan memberikan makna tersendiri bagi wisudawan dan Program Pascasarjana sendiri.

“Mahasiswa yang diwisuda berjumlah 91 orang, terdiri 2 orang program doktor dan 89 program magister. Dua doktor dari Program Studi Pendidikan Islam. Sedangkan program magister terdiri dari konsentrasi Pendidikan Islam 28 orang, Syariah  22 orang, Bahasa Arab 16 orang, Tafsir Hadis 11 orang, Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam 5 orang, Ekonomi Islam 4 orang dan Sejarah Peradaban Islam 3 orang,” kata Awis yang sekaligus  menyerahkan wisudawan/wati kepada Ketua  Alumni Pascasarjana IAIN IB Padang Muslim Tawakal.

Awis menambahkan, saat ini Pascasarjana IAIN melaksanakan program doktor (S3) konsentrasi Program Studi Pendidikan Islam dan Program Studi Hukum Islam. Sedangkan program magister (S2) meliputi 8 program studi, masing-masing Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga, Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu al-Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Ekonomi Syariah dan Pendidikan Bahasa Arab. “Hingga kini sudah menghasilkan 1.326 orang magister dan 31 orang doktor,” kata Awis menambahkan.

Kepada wisudawan/wati, Awis berpesan agar selalu menjaga nama baik almamater di tengah masyarakat dan di tempat pengabdian masing-masing. “Jadilah duta-duta pascasarjana IAIN yang baik,” harapa Awis Karni. 

Ketua Panitia Pelaksana temu ramah  wisudawan/wati Pascasarjana IAIN IB Tahun 2015, Armaidi menyampaikan kegiatan temu ramah ini dimaksudkan agar terjalinnya silaturrahmi sesama wisudawan/wati yang akan meninggalkan kampus dengan pihak akademik. Selama 1,5 hingga lebih kurang 6 tahun kami menimba ilmu di sana, tentu kami ingin kesan baik. Salah satunya dengan temu ramah ini. Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi diri wisudawan/wati sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

“Ketika prosesi wisuda Selasa (31/3/2015), wisudawan/wati pascasarjana hanya pemberian ijazah dan pemindahan jambul. Sehingga temu ramah ini diadakan agar lebih khidmat dan dapat  meningkatkan silaturrahmi sesama wisudawan/wati dan keluarga dengan pihak akademik pascasarjana sendiri,” kata Armaidi yang juga wartawan ini. 


AT
×
Berita Terbaru Update