Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Sebut Masih Banyak PNS Duduk di Warung Saat Jam Kerja

11 Maret 2015 | 11.3.15 WIB Last Updated 2015-03-11T12:52:21Z



Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pemersatu bangsa. Sebagai PNS, harus memiliki tanggungjawab pada tugas dan kepada masyarakat yang dilayani, kata Wakil Walikota Pariaman Genius Umar pada acara pembukaan Diklat Pra Jabatan CPNS Kategori 2  Angkatan I & II di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman bertempat di gedung BPKB Provinsi Sumbar, Rawang, Rabu (11/03/2015).

Dia menyebutkan perlunya memiliki factor vector atau arah, yaitu PNS harus memahami arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah, sehingga memahami apa yang harus dilakukan untuk mendukung program-program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, baik dari tingkat pusat, provinsi dan terkhusus untuk Kota Pariaman.

Dijelaskan dia bahwa visi Kota Pariaman adalah menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata.

"Pegawai harus memahami dan bisa menjelaskan kepada masyarakat arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan bukan malah sebaliknya," jelasnya.

Dengan diadakanya Diklat Prajabatan ini, katanya lagi, diharapkan akan tercipta Reformasi Birokrasi dan pemahaman  tentang abdi negara yang berwawasan kebangsaan, pelayan publik, dan dapat tercipta satu kesatuan pandangan terhadap tugas-tugas dan tanggung jawab yang diembankan kepada pegawai.

"Tanggungjawab dan disiplin PNS harus datang dari hati. Jangan hanya rajin apel pagi dan sore sementara empat jam waktu terbuang buat duduk di warung, seperti saat habis apel, dan setelah jam makan siang," katanya lugas.

Sementara itu, Kepala BKD Kota Pariaman, Khaidir, menyebut, tujuan diselenggarakannya Diklat Prajabatan CPNS Kategori 2 angkatan I dan II ini untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik. Peserta Diklat berjumlah 88 orang yang terdiri dari golongan I sebanyak 2 orang, golongan II sebanyak 44 orang dan golongan III sebanyak 42 orang.

“Acara ini dilaksanakan dari tanggal 10 Maret 2015 sampai tanggal 1 April 2015 selama 20 hari dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 86 jam pelajaran per-angkatan,“ ujar Khaidir.

Hadir dalam acara, Kabid Diklat PIM Provinsi Sumatera Barat Ir. Hj. Khairanti Khairanis, M.Si, , tenaga pengajar Badan Diklat Provinsi Sumbar dan Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Sumbar, para Kepala SKPD, serta para Kepala Sekolah se-Kota Pariaman.


OLP/JND
×
Berita Terbaru Update