Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni Optimis Padangpariaman Segera Swasembada Pangan di Sumbar

1 Maret 2015 | 1.3.15 WIB Last Updated 2015-03-01T06:59:09Z
Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Hasanudin Ibrahim bersama Bupati Ali Mukhni dan Kadis Pertanian Prop. Sumbar Joni menyaksikan penanaman perdana bibit padi dalam rangka gerakan Penerapan Pengelolaan tanaman Terpadu Padi dan Jagung di Korong Kampung Rimbo, Nagari Padang Bintungan, Kec. Nan Sabaris, Jumat (27/2).




Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Hasanudin Ibrahim apresiasi Bupati Ali Mukhni yang bersinergi dalam mensukseskan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden jokowi mengenai Ketahanan Pangan Nasional.

Hal tersebut Dia sampaikan ketika meninjau area persawahan sekaligus tanam perdana benih padi oleh masyarakat petani di Korong Kampung Rimbo, Nagari Padang Bintungan, Kec. Nan Sabaris, Jumat (27/2).

"Kita apresiasi Bapak Bupati beserta jajaran yang sangat fokus dalam bidang pertanian demi mewujudkan swasembada beras di Sumbar. Saya lihat hampir seluruh sawah masyarakat tumbuh subur dan memiliki irigasi yang bagus," kata Ketua Tim Opsus Padi, Kedelai dan Jagung itu.

Dijelaskannya bahwa saat ini pemerintah sedang mencanangkan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi dan jagung. Untuk di Padangpariaman mendapatkan 200 hektar lahan pertanian dari 2500 hektar yang akan dibantu di Sumatera Barat. Sedangkan untuk tanaman jagung dibantu sebanyak 500 hektar yang tersebar di seluruh kecamatan.

Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa Padangpariaman memiliki potensi yang menjanjikan di bidang pertanian. Untuk mendukung kegiatan tersebut, kata bupati, telah dibangun mega proyek Irigasi Anai II yang membelah dua wilayah Padangpariaman mulai dari Lubuk Alung hingga perbatasan Kota Pariaman.

"Dengan adanya Irigasi Anai II akan mengairi sawah masyarakat seluas 7000 hektar. Kita optimis tahun ini Padangpariaman akan swasembada beras yang jumlah produksi lebih meningkat dari tahun sebelumnya," kata Peraih Penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumbar itu.

Ditambahkannya bahwa penanaman perdana bibit padi juga telah dilakukan di Korong Kasai, Kecamatan Batang Anai. Kegiatan tersebut dipelopori oleh jajaran Korem 032 Wirabraja dan Kodim 0308 Pariaman. Ia berharap areal persawahan tersebut menjadi pilot project nasional karena telah dipersiapkan secara matang.

Sementara itu, Kadis Pertanian Peternakan dan Kehutanan Yurisman mengatakan bahwa 'Gerakan Penerapan' pengelolaan tanaman terpadu padi dan jagung tersebut akan dicanangkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Dinas Pertanian Sumbar. Ia mengaku siap menjadikan Padangpariaman sebagai salah satu lumbung beras terbesar di Sumbar.

"Insya Allah, 'Gerakan Penerapan' pengelolaan tanaman terpadu padi dan jagung di Kampung Rimbo ini akan dikunjungi Bapak Gubernur tanggal 12 Maret mendatang. Kita bertekad wujudkan swasembada beras di Padangpariaman," kata Putra Lubuk Alung itu.

Disela-sela acara tersebut, juga memberikan bantuan masing-masing Rp 100 ribu kepada tujuh orang ibu-ibu yang menanam benih padi. Terlihat wajah kegembiraan rakyat badarai tersebut melihat pemimpin yang dekat dan selalu memotivasi masyarakat dalam membangun Padangpariaman itu.

Selanjutnya rombongan menuju areal persawahan di Nagari Pasie Laweh, Kec. Lubuk Alung. Kegiatan penanaman perdana juga dilakukan oleh petani setempat. Bupati Ali Mukhni optimis Padangpariaman menjadi daerah swasembada pangan di Sumbar.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update