Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Armen: "Pengawas Sekolah Jangan Sekedar Cari Sertipikat Agar Terima Sertifikasi"

12 Februari 2015 | 12.2.15 WIB Last Updated 2015-02-12T13:40:15Z



Sekdako Pariaman, Armen, membuka secara resmi diklat fungsional calon pengawas dan pengawas sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK se Kota Pariaman yang digelar  di Aula BPKB Rawang, Kamis (12/2).

Armen mengatakan bahwa pengawas sekolah merupakan satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Karena menurutnya kegiatan pengawasan sekolah melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru.

“Kita sebagai pengawas jangan sampai hanya mengharapkan sertifikat untuk mendapatkan sertifikasi tapi kita harus menjalankan tanggungjawab kita sebagi pengawas sekolah,” ucapnya.

"Pengawas sekolah itu kerjaanya tidak hanya melihat laporan dari kepala sekolah saja, tapi ikut turun ke lapangan untuk melihat secara langsung bagaimana keadaan di lapangan, apa saja yang dikerjakan di sekolah, dan bagaimana kondisi belajar mengajar di kelas," ujarnya lagi.

Pengawas sekolah, lanjut dia, harus memberikan pembinaan dan pengembangan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja seluruh staf sekolah, serta melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah.

"Saya berharap semua peserta dikalat mengikuti kegiatan ini sampai beres. Dan semua, timbalah ilmu sebanyak-banyaknya agar tidak hanya mendapatkan sertifikat semata, tapi mampu membuat trobosan dan inovasi baru, terhadap dunia pendidikan di Kota Pariaman," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diklat Fungsional Badan Diklat Provinsi Sumbar, Erman, mengatakan bahwa pengawas sebagai aparatur negara yang mempunyai dedikasi dalam suatu organisasi.

"Kepadanya masing-masing pegawai itu diberi kebebasan untuk memilih jenjang karirnya, namun untuk mencapai hal di maksud seseorang itu harus melengkapi dirinya sendiri untuk menambah dan meningkatkan kompetensi dasar yang telah dimiliki sesuai kebutuhan dalam pengembangan karirnya," ucapnya.

Dalam laporan ketua panitia, Khaidir, diklat dilaksanakan mulai dari tanggal 16 Febuari sampai tanggal 3 Maret 2015 di ikuti sebanyak 30 peserta.


Rza
×
Berita Terbaru Update