Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Rampung di Lahan 10 Hektar, Ali Mukhni Kunjungi MAN Insan Cendikia Jambi

21 Desember 2014 | 21.12.14 WIB Last Updated 2014-12-21T12:44:20Z


Keberadaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia akan mencerdaskan generasi bangsa untuk membangun peradaban yang berkarakter dan melahirkan kader-kader ilmuwan dan ulama besar di Indonesia. Kehadiran MAN Insan Cendikia juga memacu pertumbuhan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni ketika mengunjungi MAN Insan Cendikia di Jalan lintas Jambi-Muara Bulian Km.21, Muaro Jambi, Jumat (19/12). MAN Insan Cendikia seluas 5 hektar ini telah diresmikan oleh Menteri Agama RI Maftuh Basyuni sejak tahun 2009 yang lalu.

"Kita sudah lama ingin berkunjung ke MAN Insan Cendikia di Jambi ini. Alhamdulillah hari ini doa kita dijabah Allah SWT. Kita bisa lihat cara metode pembelajaran yang benar-benar berstandar internasional. Dan juga kita melihat langsung dampak keberadaan MAN Insan Cendikia terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan dampak positif terhadap daerah. Kita berharap MAN Insan Cendikia yang sedang dibangun di Sintuk dengan luas lahan 10 hektar akan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat," kata Bupati yang juga Ketua LPTQ itu.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendikia H. Masyuri mengatakan bahwa metode pembelajaran diterapkan melalui sistim boarding school. Artinya, sekolah yang disediakan asrama agar siswa lebih fokus dalam menyerap metode pembelajaran yang berstandar internasional.

"Siswa MAN Insan Cendikia dituntut berintegritas dan menjujung tinggi nilai kejujuran. Disini juga diterapkan sistim boarding school dimana siswa disediakan asrama sehingga lebih fokus dan mudah berinteraksi dengan sesama siswa," kata Putra Biltar ini

Dijelaskan dia, untuk masuk menjadi siswa MAN Insan Cendikia melalui seleksi ketat. Pendaftaran secara online dan wajibkan bisa baca tulis Al Quran. Kemudia dilanjutkan dengan Tes Potensi oleh tim yang telah ditunjuk. Calon siswa juga dituntut bisa menghafal Al quran dan bisa hafal Al quran sebanyak tiga juzz setelah tamat nantinya.

Adapun, lanjut dia, segala biaya pendidikan akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Mulai dari pakaian, buku, makanan, perlengkapan sekolah dan bahkan disediakan fasilitas loundry. Dengan adanya fasilitas yang memadai tersebut tercapailah hasil yang sangat menggembirakan dimana tamatan MAN Insan Cendikia sebanyak 100% diterima di Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia.

"Tamatan MAN Insan Cendikia sebanyak 100% diterima di Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia. Keunggulan lainnya adalah siswa juga diwajibkan menguasai empat bahasa yaitu Arab, Inggris, Mandarin dan Jerman. Untuk bahasa Arab, kita langsung datangkan guru dari Mesir," kata Pria yang pernah mengepalai MAN Insan cendikia Serpong dan Gorontalo itu.

Dikatakannya bahwa keberadaan MAN Insan Cendikia juga memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan tumbuhnya hotel/penginapan dan restoran di sekitar sekolah. Hotel tersebut untuk menginap orang tua siswa yang mengunjungi anaknya dihari biasa atau pada acara wisuda. Tumbuhnya ekonomi kerakyatan ini, ujarnya, tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat yaitu mengurangi angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan.

"Keberadaan MAN Insan Cendikia juga memacu pertumbuhan ekonomi. Saat ini telah dibangun beberapa hotel dan restoran disekitaran sekolah. Dampak positifnya sangat dirasakan masyarakat yaitu mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan," katanya mengakhiri.


HA
×
Berita Terbaru Update