Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah Kado Istimewa Akhir Tahun Untuk Ali Mukhni dari Menko Kemaritiman dan Menteri Sosial RI

21 Desember 2014 | 21.12.14 WIB Last Updated 2014-12-21T13:35:22Z



Kesungguhan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dalam upaya peningkatan program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Ia mendapatkan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kebhaktian Sosial dari Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2014. Adapun yang menjadi tuan rumah adalah Kota Jambi yang diselenggarakan di Lapangan Ex MTQ, tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha, Sabtu (20/12).

Dalam sambutannya, Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan bahwa HKSN memiliki semangat revolusi mental dalam kesederhanaan, menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama dan kesahajaan dalam hidup bermasyarakat.

Melalui peringatan HKSN ini, dia berharap Bangsa Indonesia menuju kejayaan dalam mewujukan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Menko mengajak bangsa Indonesia untuk menyebarkan kebaikan dan saling berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa mengapresiasi kabupaten dan kota yang peduli dalam pergerakan kegiatan sosial. Ia pun memotivasi seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi-aksi program pengentasan kemiskinan untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan Kota yang memiliki program dan aksi pengentasan kemiskinan. Saya harap pergerakan sosial ini tidak berhenti pada saat peringatan HKSN 2014 ini saja, tapi harus dilanjutkan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang," kata Khofifah.


Sementara itu, Bupati Ali Mukhni mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti kerja keras aparatur dalam pelayanan publik untuk kesejateraan masyarakat. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat ranah dan rantau dalam memberikan saran dan masukan yang membangun untuk Padangpariaman.

"Hari ini, Sabtu 20 Desember 2014, Allah SWT mencurahkan rahmatNYA kepada masyarakat Padangpariaman atas prestasi yang diraih melalui kerja keras tanpa kenal lelah yaitu Satya Lencana Kebakhtian Sosial. Tentunya prestasi  ini tidak mudah diraih tanpa dukungan dari DPRD, Muspida serta doa seluruh  masyarakat ranah dan rantau," kata Bupati yang juga Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Ditambahkannya, ia bersama DPRD fokus dalam program-program pro rakyat yang dibiayai melalui APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten. Ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan Kementerian Sosial dan yang terkait untuk bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti bantuan Rumah Tidak Layak Huni, Bantuan Kelompok Usaha Bersama, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif, Program PKH serta Bantuan bencana alam dan masih banyak lagi.

"Tadi kita bertemu dan bicarakan dengan Ibu Menteri Sosial mengenai program-program pengentasan kemiskinan pada tahun 2015 ini. Insya Allah bersama DPRD kita segera  tindaklanjuti untuk menggaet dana pusat itu untuk ditarik ke Padangpariaman," kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Untuk  mewujudkan kesejahteraan masyarakat itu, kata bupati, ia memiliki inovasi program unggulan yaitu program pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal. Seperti menumbuhkan semangat gorong royong yang melibatkan masyarakat dalam pembangunan, juga tradisi badoncek sebagai suatu kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat Piaman baik di dalam maupun luar Sumatera Barat.

"Kita tahu budaya badoncek sangat dibanggakan oleh masyarakat Piaman baik diranah maupun diperantauan. Jika ada dunsanak yang sakit, dibantu bersama-sama untuk meringankan beban. Ada saudara yang pesta juga dibantu. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan, sarana ibadah dan pendidikan serta lain-lain yang untuk hajat hidup orang banyak," kata Bupati yang meraih penghargaan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal beberapa waktu lalu.

Acara yang juga dihadiri oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Bupati dan Walikota Se-Jambi,  Organisasi Sosial dan ribuan undangan yang memadati lapangan tersebut, berlangsung sangat khidmad dan meriah.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update