Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Irwan Prayitno: Pariaman Kota Terdepan Lingkungan Hidup dan Konservasi Penyu di Sumbar

29 Oktober 2014 | 29.10.14 WIB Last Updated 2014-10-29T12:07:56Z



Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi Pemerintah Kota Pariaman yang telah sukses melaksanakan Gerakan Sumbar Bersih (GSB) di Kota Pariaman, menurutnya, Walikota Pariaman telah melaksanakan ketika orang masih memikirkan, begitu disampaikan Irwan Prayitno saat Gerakan Sumbar Bersih yang dilaksanakan di Konservasi Penangkaran Penyu kota Pariaman Pantai Ampalu, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Selasa (28/10/2014).

Walikota Pariaman dalam sambutanya menyambut baik Gerakan Sumbar Bersih yang diadakan di Kota Pariaman, katanya, Pariaman sebagai Kota Tujuan wisata dan industri kreatif berbasis lingkungan, adat dan agama adalah cita - cita besar pembangunan jangka menengah Kota Pariaman yang tertuang ke dalam RPJM Kota Pariaman periode 2013-2019. Keberadaan Kawasan Konservasi Penyu di Desa Ampalu ini, menurutnya, merupakan salah satu program unggulan pembangunan Kota Pariaman.

"Yang kami yakini memiliki nilai strategis untuk pengembangan sektor parawisata Kota Pariaman secara khusus dan Sumatera Barat pada umumnya,” ungkap Mukhlis.

Dia juga menjelaskan Gerakan Sumatera Barat Bersih tahun 2014 ini, pada hakekatnya telah  dimulai dengan pencanangan Pariaman sebagai Kota Bersih, Sejuk dan Indah (Pariaman BERSERI)pada bulan Desember 2012 yang lalu. Turut hadir pada pencanangan itu Kepala Pusat Eko-region Sumatera Pekanbaru.

"Untuk mendukung Pariaman BERSERI ini, kota Pariaman juga telah berakselerasi di dalam program Kota Pariaman sebagai Kota Hijau yang dibawahi oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Pariaman adalah salah satu dari 60 kabupaten/kota yang telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan pusat melalui  Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH),” jelasnya.

Gubernur Sumatra Barat mengungkapkan bahwa Kota Pariaman menjadi Kota terdepan untuk lingkungan hidup di Sumatera Barat, dan Kota Pertama di Sumatera Barat yang membuat penangkaran penyu yang akhirnya diikuti oleh Kabupaten dan kota lain.

“Karena itu saya mengapresiasi Pemerintah Kota Pariaman dan merasa bangga atas perhatian yang serius yang diberikan Walikota terhadap lingkungan hidup, serta pengembangan kawasan konservasi penyu dan bisa menjadikannya menjadi kawasan ecotourism sehingga untuk mencapai visi kota Pariaman menjadi kota tujuan wisata dapat terwujud,” ungkap Irwan Prayitno.

Dalam kesempatan ini juga Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan hadiah Kontainer mini dan alat kebersihan kepada Walikota Pariaman, penghijauan, serta secara bersama melepas Tukik (anak penyu) di Pantai ampalu. Tema dari GSB tahun 2014 ini adalah “Tingkatkan semangat Gotong Royong bersama Gerakan Sumbar Bersih”.

Hadir dalam acara Kepala Bapedalda Provinsi Sumbar Asrizal Asnan, Kadis DKP Provinsi Sumbar Yosmeri, Pimpinan DPRD Kota Pariaman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Pariaman, Kepala SKPD se-Kota Pariaman, Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman beserta Organisasi masyarakat dan Pemerhati lingkungan dan peserta Gerakan Sumbar Bersih. 


JND/OLP
×
Berita Terbaru Update