Setelah 6 Tahun Tak Dihelat, Pemkab Padangpariaman Kembali Jadikan Pacu Kudo Agenda Tahunan

Ilustrasi



Berbagai potensi wisata Kabupaten Padangpariaman terus diexplore untuk meningkatkan ekonomi Kabupaten Padangpariaman. Setelah sukses menjadi tuan rumah Tour De Singkarak dengan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, kedepan, Pemkab Kabupaten Padangpariaman melalui Disporabudpar Kabupaten Padangpariaman kembali mempersiapkan ivent lainnya. "Horse Race" atau "pacu kudo akan hadir pada awal November 2014 ini.
 

Ivent ini akan menjadi salah satu agenda tahunan yang akan digelar Kabupaten Padangpariaman. Bertempat di Arena Pacuan Kuda Paguah Dalam, Kecamatan VII Kota Sei. Sariak ivent yang sudah lama tidak digelar ini akan mendapatkan perhatian dari khalayak. Dalam perencanaan, perlombaan "pacu kuda" ini akan diikuti utusan dari masing-masing pengcab Pordasi Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Berbagai kegiatan persipan akan dilakukan, termasuk mempersiapkan trek yang akan dilalui oleh para pembalap. Kadisporabudpar Kabupaten Padangpariaman, Syafriwal usai menggelar rapat internal mengatakan, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan pacu kuda tersebut.

 "Kita sudah usulkan Rp 104.000.000,- untuk kegiatan ini, itu sebagai bukti keseriusan kita untuk kembali mengangkat ivet yang sudah 6 tahun tidak digelar. Berkaca dari 6 tahun yang lalu, pengunjung sangat membludak," Ujar Syafriawal.
Dalam waktu dekat, Disporabudpar segera melakukan rapat dengan sejumlah tokoh kanagarian Paguh Dalam, Kecamatan VII Kota Sei. Sariak untuk persiapan kegiatan itu. Selain mengandalkan dana APBD-P Kabupaten Padangpariaman tahun 2014, Disporabudpar juga akan mengandeng sponsor untuk ikut berpartisipasi dalam ivent yang tergolong olahraga itu.

Syafriwal meyakini, ivent pacu kuda akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata Kabupaten Padangpariaman. "Ya, selain diayai oleh APBD-P, kita juga sedang ajak sponsor baik lokal maupun nasional untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ivent ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi sponspor untuk mempromosikan produknya," ulas Syafriwal.


Nanda