Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua KPU Cemaskan Kotak Suara Nginap Dua Hari di Kantor Desa/Kelurahan

1 April 2014 | 1.4.14 WIB Last Updated 2014-04-01T07:33:42Z




Rapat koordinasi pengamanan rekapitulasi (penghitungan suara) tingkat PPS, Desa/Kelurahan, Tingkat Kecamatan dan Tingkat KPU Kota Pariaman untuk Pemilu 2014, diadakan di aula utama Polres Pariaman, Selasa 1/4/2014. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kapolres Pariaman AKBP Gandung D Wardoyo, Ketua KPU Kota Pariaman Budi Satria beserta Komisioner, Ketua Panwaslu Kota Pariaman Zaiyar, Camat sekota Pariaman, Kapolsek sekota Pariaman, Pol PP Kota Pariaman, serta Kepala Desa dan Lurah sekota Pariaman.

Menurut Ketua KPU Kota Pariaman Budi Satria, tahap pengamanan Pemilu dimulai dari distribusi dan arus balik logistik, pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada hari H, hingga rekapitulasi tingkat PPS, PPK, dan rekapitulasi tingkat KPU Kota Pariaman.

"Strategi pengamanan Pemilu agar Pemilu berjalan aman, lancar, sukses tahap demi tahapnya," ujar Budi.

Budi menyebutkan bahwa sekarang sedang berlangsung pengepakan surat suara di aula SMK 2 Pariaman. Kotak suara dibawa ke Desa/Kelurahan pada Tanggal 6 April 2014 dengan menggunakan alat transportasi yang sesuai.

Pada saat arus balik setelah hari pencoblosan, Kotak suara akan menginap selama dua hari di Kantor Desa dan Kelurahan.

"Pada saat inap tersebut pengamanan musti dilakukan secara ekstra. Disini yang paling kita takutkan," jabarnya.

Untuk itu Budi berharap kepada semua pihak keamanan baik dari Polres dan Linmas agar menggunakan alokasi waktu dengan maksimal.

Rekapitulasi tingkat Desa dan Kelurahan dilaksanakan pada Tanggal 10 April 2014, Tingkat Kecamatan pada Tanggal 13 April 2014 dan rekapitulasi tingkat KPU Kota Pariaman tanggal 19 April 2014.

KPU bersama pihak keamanan sebelumnya telah melakukan prediksi dan antisipasi keamanan Pemilu seperti hilangnya kotak suara, kesalahan dalam rekapitulasi, cuaca, penerangan, netralitas, hingga ketepatan waktu.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update