Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah Koleksi Pelat Nomor Mobil Mewah Wawan dan Keris Irjen Djoko

1 Februari 2014 | 1.2.14 WIB Last Updated 2014-02-01T05:26:26Z
13910536221887974343
Sebagian dan mobil-mobil mewah Wawan yang kini parkir di KPK (foto : www.tempo.co)

Ada yang menarik dari penyitaan belasan mobil mewah milik Tubagus Chaery Wardana alias Wawan, adik kandung gubernur Banten, Atut Chosiyah. Bukan hanya garasi rumah Wawan di jalan Denpasar yang layaknya showroom mobil mewah karena banyaknya mobil yang terparkir di situ, tapi ada yang unik pada plat nomor mobil-mobil Wawan. Tampaknya bukan plat nomor sembarangan yang random, melainkan ada kekhasan tersendiri. Mari kita cermati.

Ada 2 buah Ferrari California merah bernomor polisi B 888 CNW dan B 888 GES, sebuah Lamborghini Aventador putih plat nomornya B 888 WHN, Nissan GT-R putih nomornya B 888 GAW, Rolls Royce Ghost hitam platnya B 888 CHW (mobil ini diperkirakan yang termahal, harga di negeri asalnya, Inggris, mencapai Rp 18 milyar. Entah berapa harganya setelah sampai di Indonesia). Lalu ada pula Camry hitam, Lexus hitam nomor polisinya B 888 ARD, Bentley Continental plat nomornya B 888 GIF, Land Cruiser hitam dengan nomor polisi B 888 TCW, dan Land Cruiser bernopol B 1978 RFR. Selain itu motor Harley Davidson B 3484 NWW, juga ada Fortuner, Pajero dan BMW 530i. Total sudah 17 mobil plus sebuah moge Harley Davidson yang disita KPK dari rumah Wawan dan rumah 2 orang kepercayaannya di Serang.

13910536971690908794
B 888 GAW dan B 888 ARD, Lexus milik Airin (foto : www.merdeka.com)

Uniknya plat nomor polisi mobil-mobil Wawan itu kebanyakan memakai angka 8 sebanyak 3 kali, 888. Kalau abjad TCW dan ARD diduga kuat initial nama Tubagus Chaery Wardana dan Airin Rachmi Diany, istrinya. Nomor lain abjad di belakangnya kebanyakan ada huruf “W”, mungkin inisial dari “Wardana”. Mungkinkah itu inisial nama anak-anak mereka? Ada pula yang bernomor B 888 WAN. Tampaknya Wawan dan Airin percaya pada “angka hoki 8”. Apa sebenarnya mitos di balik angka 888?

MITOS 888

Sejak zaman Babilonia kuno, angka 8 diyakini sebagai lambang para dewa, yang konon menghuni ruangan kedelapan di kuil Babilonia. Kebudayaan Tiong Hoa juga mempercayai 8 sebagai angka sempurna karena tidak putus saat ditulis. Pemaknaan ilmu Feng Shui pun mengartikan angka 8 sebagai kemakmuran. Jadi, jika dikombinasikan, angka 888 menggambarkan kekayaan dari segi langit, bumi, dan manusia. Itulah mengapa China menggelar Olimpiade Beijing pada 8 Agustus 2008, pukul 08:08:08. (sumber : disini)

Situs Indonesia Feng Shui Online Center menulis, praktek penggunaan angka yang dianggap hokky dalam Feng Shui bermula dari para praktisi di Hong Kong, yang mana setiap angka memiliki makna tertentu dihubungkan dengan dialek pengucapannya, seperti. Untuk angka 8 (delapan) dihubungkan dengan kekayaan. Banyak sekali praktek Feng Shui yang menggunakan angka urutan seperti 88 (kekayaan ganda) dan 888 (kaya dari segi langit, bumi, dan manusia-nya). Sejatinya hokky atau keberuntungan seseorang selalu ditentukan oleh 3 tipe keberuntungan, yaitu keberuntungan langit, bumi, dan manusia. Maka tak heran jika menderetkan angka 8 membawa kepercayaan tentang kekayaan yang meliputi 3 tipe keberuntungan itu.

1391053867143274404
B 888 WAN (foto : news.detik.com)

KERIS BERTUAH JENDRAL DJOKO

Besarnya kepercayaan Wawan terhadap mitos hokky angka 888 itu mengingatkan saya pada 200-an bilah keris yang dimiliki Irjen Djoko Susilo, terpidana kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM. Beliau mengoleksi lebih dari 200-an keris pusaka peninggalan kerajaaan-kerajaan tua di seluruh Indonesia. Demi memperoleh keris pusaka, Djoko tak segan menukarnya dengan sebuah rumah berharga miliaran. Keris-keris itu ada orang yang diserahi untuk mengurusnya dan secara rutin “memandikan” dalam ritual khusus tiap malam 1 Suro. Menurut Indrajaya Februharyadi – sang juru rawat keris – harga keris itu tak satu pun yang di bawah ratusan juta rupiah. Ada keris yang harga belinya ditukar dengan rumah senilai Rp. 1,7 milyar. 

Ada pula yang dijual dengan harga Rp. 6,4 milyar. Konon salah satu keris ada yang memiliki kesaktian, apabila Djoko Susilo memegangnya maka dia tak akan mempan diapa-apakan. Bahkan tak sehelai rambutnya pun bisa dipotong.

Sayangnya, “paket” kesaktian keris kurang komplit, karena terbukti KPK bisa menahan Djoko, pengadilan tipikor bisa memvonisnya bahkan ketika mengajukan banding pun hukuman Djoko diperberat. Kesaktian 4 pengacara kondang pun tak mampu menolong. Entah karena Djoko tak memandikan sendiri keris-keris itu, atau karena ini jaman modern. Jaman dulu, para pendekar, jawara, preman, banyak yang berburu kesaktian agar tubuhnya tak mempan dibacok, ditusuk, dibakar, rambut tak bisa putus, dll. Itu dulu, ketika pertarungan antarmanusia masih sebatas adu fisik, orang harus menjadi superman yang kebal segala macam. Sekarang, KPK cukup mencari 2 alat bukti, keluarkan sprindik, jemput dan berikan selembar surat penahanan. Maka, 200 keris pun tak mampu menghalanginya. Namun, meski banyak asset Djoko yang disita KPK, 200 bilah keris itu tak disentuh KPK. Padahal, kalau keris-keris itu disita dan kelak dilelang pada kolektor benda antik, lumayan juga uangnya untuk negara.

13910539701943946598
foto : www.republika.co.id

===================================
PESUGIHAN ABAD XXI ?

Dulu, sampai sekitar tahun ’70-an, di tengah masyarakat dipercaya ada ritual pesugihan, yaitu cara cepat memperkaya diri. Ada yang disebut “babi ngepet”, memelihara tuyul, dan lakon pesugihan lainnya. Para pelaku babi ngepet misalnya, ada kerja sama antara suami dan istri, di mana ketika sang suami sedang berubah wujud menjadi babi ngepet yang mencuri harta kekayaan tetangga sekitarnya, maka si istri “melekan” atau tak tidur semalaman karena harus menjaga nyala obor agar tak sampai padam. Dipercaya kalau sampai api padam, maka penyamaran si babi ngepet akan terbongkar dan digebuki massa, sang suami pun akan celaka bahkan bisa jadi menemui ajal.

Ada pula kepercayaan pesugihan lainnya yang meminta “tumbal”. Tumbal yang diserahkan haruslah dari orang yang dicintai, entah istri/suami, anak, saudara, bahkan orang tua sendiri pun dikorbankan. Dalam film-film mistis biasanya digambarkan orang yang dijadikan tumbal akan mati dengan cara tragis. Setelah tumbal diserahkan, tak lama pelakon pesugihan akan menuai hasil: kekayaannya akan bertambah dengan cepat, dagangannya laris manis luar biasa.

Dalam pesugihan yang menggunakan babi ngepet atau tuyul, biasanya pelaku pesugihan menjadi kaya mendadak, sedangkan tetangga sekitarnya justru kehilangan harta milik mereka. Karena dipercaya memang caranya adalah menyerap kekayaan tetangga sekitarnya. Saya jadi teringat hukum kekekalan energi dari Einstein, di mana energi tak bisa diciptakan maupun dimusnahkan, ia hanya berubah wujud dan berpindah tempat. Tampaknya pesugihan ini pun berprinsip seperti itu. Harta kekayaan itu tidak diciptakan (to create, to produce) melainkan hanya memindahkan kekayaan orang lain, menyerap dari pihak lain, untuk dipindah ke pelaku pesugihan.

13910543132079564416
Menurut KPK, asset berupa keris bukan barang yang layak sita (foto : nasional.inilah.com)

Wawan dan Djoko adalah figur yang hidup di jaman modern. Mereka memiliki kuasa, entah kuasa karena jabatannya atau kuasa karena jabatan kakaknya. Namun, meski mengaku Islam, keduanya punya kepercayaan pada selain Allah. Djoko Susilo percaya pada kesaktian keris, Wawan percaya pada hokky angka 888. Djoko percaya bahwa kedigdayaannya takkan berakhir, Wawan percaya bahwa kekayaannya akan komplit meliputi langit, bumi dan manusia serta tak terputus. Demi melanggengkan kepercayaan itu mereka rela merogoh kocek. Sayangnya, untuk membeli “tuhan” yang dipercaya itu, sumber uangnya pun tidak halal. Seolah kembali ke masa ketika manusia masih menganut animisme dan dinamisme, maka “tuhan” itu mengejawantah dalam benda tak bergerak (animisme) misalnya keris, atau benda bergerak (dinamisme) misalnya mobil yang sudah ditempeli plat nomor keberuntungan 888. Atut juga pernah dibentengi para “pendekar” yang konon sakti dan kan berbuat sesuatu jika KPK berani menahan Atut. Kini, sudah 40 hari Atut dititipkan di rutan Pondok Bambu, bercampur bersama pelaku kriminal lainnya, ternyata tak ada sesuatu yang terjadi pada KPK. 

Para pendekar itu pulang dengan bis sewaan ketika KPK menetapkan Atut ditahan.
Kini, pesugihan jaman modern telah bertransformasi menjadi korupsi. Tumbalnya adalah seluruh rakyat Indonesia. Mereka tidak seketika mati, tapi mati pelan-pelan karena kurang gizi, karena terkena runtuhan sekolah yang ambruk, mati karena tak ada biaya berobat ketika sakit. Intinya sama: menyerap harta benda milik orang lain (uang negara = uang milik rakyat) untuk diri sendiri, dengan menjadikan pihak lain sebagai tumbal yang mati mengenaskan.

Meski peradaban manusia telah maju, bulan sudah dijejak kaki-kaki manusia, planet lain sedang dieksplorasi untuk dijajagi kemungkinan adanya peluang kehidupan, teknologi sudah sedemikian canggih, namun terkadang manusia kembali ke insting primitif: serakah bin loba! Bukankah manusia bisa berkaca pada monyet, yang nyegir sambil terus berusaha menangkap apa pun makanan yang dilempar ke arahnya? Kedua tangan dan kaki sudah memegang makanan, tapi belum puas juga dan masih ingin menangkap kalau ada lagi yang melempari.

139105443783566580
B 888 GAW (foto : foto.liputan6.com)

Saya sesekali menonton National Geographic edisi binatang buas. Mereka berkompetisi di alam bebas, siapa cepat dia dapat mangsa. Namun satu hal, ketika mangsa itu didapat, mereka makan bersama kelompoknya, jika perut sudah tercukupi, mereka tinggalkan buruannya. Terkadang sisa buruan yang tak habis dimakan itu menjadi makanan bagi predator lain. Tak ada ceritanya mereka sembunyikan buruan dan menyimpannya untuk ditumpuk lagi dan lagi. Padahal, mereka tak punya jaminan nanti kalau perut lapar lagi, belum tentu ada binatang buruan lewat. Kalau begitu, manusia sejatinya bisa lebih buas, lebih tamak dari predator-predator di rimba belantara Afrika. Semua itu bisa terjadi, ketika manusia menuhankan materi, mabok materi dan tak pernah merasa puas, tak pernah bisa merasa cukup dengan apa yang sudah diperolehnya. Semoga saja kita tak jatuh menjadi manusia yang perilakunya lebih buas dari predator.

Ira Oemar
×
Berita Terbaru Update