Monitoring Kinerja Mukhlis-Genius: "Akselerasi" (1)





Harapan Seluruh warga Kota Pariaman baik yang berdomisili di ranah maupun rantau tertumpang ke pundak Pasangan Mukhlis Rahman dan Genius Umar, Walikota dan Wakil Walikota Pariaman periode 2013-2018 yang telah resmi dilantik sejak 9 Oktober 2013 beberapa hari lalu.

Bagaimana Akselerasi Pasangan ini kedepan dalam mempercepat pembangunan berbagai sektor di Kota Pariaman untuk kemajuan kita bersama? kita tunggu saja gebrakan dari dua orang yang telah matang di Dunia Pemerintahan dan Administrasi tersebut.

Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Wakil Ketua DPD-RI, Ia mendalami Ilmu pemerintahan di STPDN. Lulusan S3 ini juga dikenal sebagai pekerja keras dan perencana strategi yang matang, selain hal tersebut Genius juga punya jaringan yang luas dengan Pemerintah Pusat dan Investor skala Nasional. Dengan Modal yang ia miliki tersebut tentu kita berharap agar hal tersebut dimanfaatkan Genius dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan Kota Pariaman diluar APBD.

Genius dalam Pidato pertamanya sebagai Wakil Walikota Pariaman mengatakan Mari langsung bekerja. Hal ini sinyalemen bagi kita bahwa Genius sebagai Wakil Walikota mendapat kepercayaan penuh dari Walikota Mukhlis Rahman untuk mewujudkan apa yang telah mereka rencanakan Jika terpilih dalam Visi dan Misi mereka lalu.

Secara Garis besar ada beberapa hal dalam Visi Misi pasangan Mukhlis Genius yang sangat saya apresiasif, diantaranya pembangunan Mesjid Raya Pariaman dan Konsep Kota Pariaman sebagai Kota tujuan Wisata jasa dan perdagangan.

Menurut hemat saya Pribadi yang paling rasional adalah menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota tujuan Wisata di Sumatera Barat ini. Kita memiliki kawasan Pantai Endemik yang belum dikelola dengan baik. Beruntung saya mendapat kabar bahwa sudah ada Investor dari Malaysia dan China yang mau menanamkan Modalnya untuk hal tersebut. Sebaiknya hal ini jadi prioritas Utama dahulu.

Kemudian menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota Jasa dan Perdagangan. Ini adalah tantangan yang musti disiasati dengan Cerdik dan cerdas, sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Bukittinggi dalam hal ini sangat Kokoh sebagai Kota perdagangan dan Jasa. Untuk menyamai hal tersebut rasanya sangat diperlukan kesadaran seluruh elemen Masyarakat dan Siasat Jitu dari Pemerintah dalam mengelolanya, memasarkannya, Membangun Infrastruktur, Managemen Ekonomi Pemerintahan dan membangun jaringan Sindikasi perdagangannya baik Domestik maupun Antar Negara.

Bersambung..

Catatan Oyong Liza Piliang