Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

AGAM Bersama Mambangkik Batang Tarandam ( Rehabilitasi Batang Antokan )

12 Mei 2013 | 12.5.13 WIB Last Updated 2013-05-13T03:32:45Z


(Kiri-Kanan) Jadi Sutanto, Toni Azwarani,Syamsul Bahri,Syafriantoni,Pertisman


Rehabilitasi D.I Batang Antokan sepanjang 8000m yang mampu mengairi Sawah Warga seluas 4200 Hektar yang menelan Dana Rp.14.151.000.000 dan dikerjakan PT. Citra Mandiri Abadi dari dana APBN , disambut antusias oleh semua Pihak, baik itu masyarakat setempat, LSM, Ormas Kepemudaan , bahkan oleh Pemkab Agam sendiri dibawah Komando Bupati Indra Catri.
Bupati Indra Catri bersama Jajaran makan bersama di Lokasi Proyek

Proyek Rehabilitasi Batang Antokan ini melintasi Lima Jorong di Kanagarian Lubuk Basung, yaitu, Ampu Jorong Balai Ahad,Jorong Parik Panjang,Jorong Si Guhuang,Jorong Surabayo dan Sungai Jariang . 



 Warga Masyarakat Gotong Royong di sepanjang Batang Antokan

 Syafriantoni, Direktur LMI Sumbar-Riau, bersama Syamsul Bahri, Tokoh Masyarakat Lubuk Basung

" Luarbiasa sambutan masyarakat atas Proyek rehabilitasi batang Antokan ini. tak satupun masyarakat kami minta ganti rugi, seperti tanaman disepanjang proyek hingga keramba masyarakat. hal ini disebabkan karena kami telah menunggu selama 11 tahun lebih untuk proyek ini, namun baru sekarang terkabul berkat kerjasama masyarakat dan seluruh elemen yang ada dengan Pemkab Agam setelah mengajukan Proposal ke Balai Besar Wilayah Sumatera Lima. dana Proyek ini seluruhnya dari APBN Pusat." ujar Syamsul Bahri, Tokoh Masyarakat setempat yang ditunjuk sebagai Pelaksanaan kegiatan dilapangan.
Syamsul Bahri memperlihatkan persimpangan batang Antokan yang di Rehabilitasi

Senada dengan Syamsul, Syafriantoni ( Toni ), Direktur Lembaga Metropol Indonesia ( LMI ) Sumbar-Riau, yang juga Putra asli Daerah Agam mengatakan, seluruh elemen mendukung Proyek ini karena sangat Positif Bagi Masyarakat.


Bermanfaat besar untuk pengairan sawah Warga jika pekerjaan ini tuntas nantinya

"  Bapak Bupati Indra Catri bersama Asisten I Drs.Martias Wanto juga Camat Kecamatan L Basung, Hilton,SH sudah empat kali berkunjung kesini sebagai bukti bahwa Pemkab Agam sangat mengapresiasif Proyek sektor Ril ini, selama disini beliau berdialog dan Makan bersama dengan Masyarakat. momen tersebut dimanfaatkan Bupati untuk melihat antusiasme warga pada Proyek Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA ) ini, yang nantinya punya dampak positif bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Agam." Ujar Syafriantoni, Tokoh Pemuda Sumbar yang baru berusia 33 tahun ini semangat.

Pekerjaan tetap berlangsung dihari Minggu
 
Toni Juga menghimbau agar seluruh LSM yang ada di Kabupaten Agam serta Pemuda setempat bersama masyarakat untuk berkontribusi pada proyek ini demi kepentingan bersama dan jangka panjang.

Bupati Indra Catri di Mess PT CITRA MANDIRI ABADI

" Saya selaku Anak Nagari Agam menghimbau agar sahabat-sahabat LSM Serta Pemuda setempat memberikan Suport pada Proyek ini, tentu tanpa mengabaikan Fungsi sebagai Sosial Kontrol. sudah saatnya kita Bangkik Batang Tarandam di Kabupaten Agam ini. kita musti bersyukur pada akhirnya Proyek PSDA ini terealisasi dengan dana APBN setelah penantian selama 11 tahun." ujar Toni yang dikenal luas di Kabupaten Agam ini tersenyum.



Pada kesempatan tersebut Seniot Manager PT.CITRA MANDIRI ABADI, Jadi Sutanto, merasa bangga melaksanakan Proyek ini.

" Saya merasa bangga Perusahaan kami mengerjakan Proyek ini, bayangkan saja masyarakat setempat dengan swadaya menghidangkan Kopi dan Makanan lainnya pada Pekerja Proyek ini . ini hal yang sangat langka saya temukan , saya dapat menyimpulkan bahwa masyarakat betul-betul sangat mendukung Proyek yang kami kerjakan ini." Ujar Sutanto dengan Wajah sumringah.




Sutanto menjelaskan bahwa Proyek ini mulai dikerjakan pada tanggal 13 maret 2013 dan hingga saat ini sudah 24% tahap pengerjaan.

" Kami mulai kerja dari tanggal 13 maret, lama pengerjaan 270 hari Kalender, dalam Proyek Rehabilitasi ini kami juga bikin jembatan, Terjunan dan Sifon . Proyek ini seyogyanya diawasi langsung dari Balai Besar Wilayah Sumatera Lima, karena Keterbatasan Personel, Balai bekerjasama dengan PU Kabupaten Agam Bidang PSDA yang di Kepalai oleh Bapak Ofrizon,ST,MT." Jelas Sutanto semangat.

Proyek yang diawasi oleh Pertisman, Wanrizal dan Amrizal dari PSDA ( Pengelolaan Sumber Daya Air ) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam , pada hari minggu ini tetap bekerja seperti biasa. Pertisman berharap agar pekerjaan ini Selesai sesuai Jadwal dan Spek tekhnis yang telah ditentukan.

Selain Syafriantoni, Direktur LMI Sumbar-Riau , berbagai LSM juga mendukung Proyek yang dilabeli Basamo Mambangkik Batang Tarandam ini diantaranya,:

LKPM, Ketua : Suardi,M
Forum Komunikasi Anak Nagari  (FORKAN) , Ketua : Noveri    -Edios a.k.a Yos Pokal
Laskar Merah Putih, Ketua : Marjoni
Garuda,Ketua : Bj, Rahmat
Topan RI , Ketua : An Guru

Juga didukung Oleh Media Lokal dan Masyarakat setempat. Bravo !!


Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update