Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketika Anas Malik Di Tanah Suci Dan Sertijab Pangdam Bukit Barisan

10 Januari 2013 | 10.1.13 WIB Last Updated 2013-01-09T18:52:30Z

Pada medio 1983, alm,Kol Anas Malik, Mantan Bupati Padang Pariaman yang hingga kini masih ditauladani, Menunaikan Ibadah Haji ke Tanah suci Mekah. disana Anas Malik selain menunaikan Ibadah Haji juga menyempatkan diri menemui Jemaah asal Pariaman . hal tersebut ia lakukan dengan mencari dari kemah ke kemah.  beliau lakukan, untuk memastikan warganya dapat pelayanan yang baik disana ujar seorang perantau Riau asal Pariaman yang menghubungi saya via telpon," alangkah bangganya kami dikunjungi Bupati. beliau menanyakan mulai dari kesehatan hingga makanan kami kala itu." Ujar sang Bapak tersebut yang saya lupa namanya via telpon .

Hal tersebut dibenarkan oleh Putri alm Anas Malik, Ilya Rosa, " Papa selalu begitu, sangat memperhatikan (warga piaman). malah Papa ( Anas Malik ) dikala musim Haji tahun 1983 itu sempat jadi Inspektur Upacara Hari kemerdekaan di Kedutaan Mina. kebetulan Musim Hajinya bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus." Ujar Ilya yang kala itu bersama suaminya Leonardy Harmainy,Sip,MH Dt Bandaro Basa di Rumah Makan Pauh Raya Pariaman beberapa hari yang lalu.
 

Ilya menukuk " Banyak perihal tentang Papa yang belum diketahui Publik, Papa suka menulis Diary, nanti saya usahakan mendapatkan Copiannya untuk bahan tulisan Oyong." Ujar Ilya sembari makan dengan sendok.matanya sesekali menerawang,kuat dugaan saya ia mencoba mengingat-ingat kenangan bersama Almarhum." Dulu ada kisah Lucu ketika Mayjen Soeripto jadi Pangdam Baru Bukit Barisan. Papa diundang pada pelantikan tersebut ." Ujar Ilya ." Soeripto adalah mantan bawahannya dulu yang pernah dihukum Disiplin Hormat bendera dari pukul 10 hingga jam 6 sore."

"Kala itu Papa terlambat karena beberapa hal. Soeripto belum mau memulai upacara sebelum Papa datang." Ujar Ilya menerangkan." Sesampainya Papa disana langsung disambut Soeripto,Papa belum tau siapa nama Pangdam. papa berujar ketika disalami Soeripto 'ngapain kamu disini SOERIPTO ? sudah kenal dengan Pangdam ?" ujar Ilya menirukan." Saya menunggu Bapak, jawabnya sembari mempersilahkan Papa duduk dan tak menjawab bahwa dirinyalah sang Pangdam baru."

Papa baru tau setelah Sertijab dilakukan., " Soeripto berpidato kala itu tentang Papa setelah Sertijab, dia berujar sangat bersyukur pernah menjadi Anak Buah Papa, dia mengakui Papa adalah gurunya yang mendidik dengan Tegas demi kebaikan, dia berujar takkan pernah saya berdiri berpidato disini tanpa gemblengan disiplin atasan saya Anas Malik.saya pernah dijemur dari Pagi hingga Sore oleh Beliau." Ujar Ilya, hal tersebut dia ketahui karena Anas Malik menceritakan kejadian tersebut dirumah." Papa dengan enteng menjawab, kan Papa tidak tau dia Pangdam? ketika kami tanya kenapa Papa menanyakan ke Pangdam 'ngapain kamu disini?". Ujar Ilya tertawa mengingat kisah tersebut.
 

Dalam kesempatan itu Leonardy juga menambahkan satu hal, " Bandara BIM, dulu Beliau yang merintis bersama Gubernur AZWAR ANAS. " ujar Leonardy yang dibenarkan oleh Tokoh Masyarakat,Artagnan, ketika saya verifikasi ," Benar, Anas Malik lah yang merintis Bandara Katapiang." ujanya merinci secara mendalam baik ihwal pembebasan tanah dan Master Planingnya." Setelah di Matangkan Anas Malik, barulah pengerjaannya dilakukan oleh Bupati dibawahnya " imbuh Artagnan yang juga seorang sejarawan ini.

Banyak Hal tentang Anas Malik, mancaragam cerita Faktual teladan yang musti digali dan terus ditulis agar dapat jadi contoh bagi kita tentang arti dari sebuah kepemimpinan . kerinduan akan sosok pemimpin semacam beliau adalah dambaan kita semua untuk memimpin Kota Pariaman ini kedepan.


catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update