Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Korupsi dan Budaya Minang

4 Desember 2012 | 4.12.12 WIB Last Updated 2012-12-04T08:35:56Z

Pariaman era kini beda betul dengan dulu. demikian kata beberapa tokoh masyarakat dipalanta Anih samping BPD. Perbedaan yang dimaksud adalah ihwal ke Adatan dan bernagari. hal tersebut tentu tak lepas dari kurangnya pendidikan rasa kedaerahan dan kecintaan budaya lokal yang ditanamkan dari dini melalui Kurikulum ekstrakulikuler misalnya kalau saya boleh berpendapat.pendidikan kebudayaan lokal sangat penting adanya untuk memperkuat Adat istiadat sekaligus meneruskanya kepada generasi turun temurun, sebagaimana Jepang yang budayanya semakin tinggi meskipun diera yang sangat Modern ini.

Mamak badagiang taba , kamanakan bapisau tajam bak pepatah kini sudah terdegradasi oleh alam. langgam demikian entah dimana menyusutnya, peran Niniak mamak juga acap diabaikan oleh warga dengan berbagai alasan semacam niniak mamak juga tidak memberikan tauladan yang baik serta bla bla bla..

Hal demikian, tatanan budaya kita seharusnya semakin kokoh bila segala lapisan masyarakat tau akan Tupoksinya, semacam datuak, hulubalang, Panungkek, Parik Paga serta Bundo kanduang sebagaimana yang telah diatur dalam Tambo Minangkabau.  beberapa daerah saya perhatikan masih kuat mempertahankan nilai-nilai demikian,namun prosentasenya tentu semakin mengecil bila kita bicara Ranah Minang secara umum

Hal begini, degradasi Budaya , musti kita bersama ,seluruh lapisan danPemerintah Daerah yang melestarikannya dengan Program pendidikan dini kepada Anak-anak kita. kenalkan mereka dengan Kearifan lokal sedari dini semacam Negara Jepang. Jika Budaya minang yang dikenal luhur itu sudah menjadi karakter daerah akan banyak hal positif yang kita dapat. diantaranya keluhuran Budi, Ibu dari sifat-sifat kebaikan.

Mengembalikan budaya Luhur menjadi karakter anak daerah tentu berdampak Positif bagi generasi yang akan datang. 

Mereka akan takut Korupsi,karena Korupsi=Maling. dan maling adalah sebuah Kosakata yang sangat memalukan dan Aib besar bagi kita Urang Minangkabau.

Nanti dikelak hari akan ada pameo.. Jikok Korupsi , antah kama muko kadiandok an, baiak elok barangkek jauah dari kampuang daripado sakaum manangguang malu..

catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update