Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menuju Generasi Biru Pariaman

3 September 2012 | 3.9.12 WIB Last Updated 2017-07-24T16:00:49Z

pembangunan berbasiskan SDM (sumber daya manusia) mustilah mutlak diaplikasikan dikota pariaman dan kab pd pariaman ini mengingat minimnya SDA (sumber daya alam). sektor pendidikan musti menjadi prioritas utama dipiaman (kota dan kab pariaman) dengan mengalokasikan dana dan program-2 yg kompatibel dgn budaya minang sehingga generasi yg akan datang jauh lebih unggul dari kekinian (generasi biru). dengan SDM yg unggul mereka yg nantinya pemegang estafet masadepan pariaman ini akan cakap menggali potensi yg ada didaerah ini untuk digarap dengan maksimal tentunya dg terapan ilmu yg mumpuni.

begitu juga dengan budaya kearifan lokal minangkabau yg bila digali dan dimatangkan akan ditemui konsep-2 kemapanan (ekonomi) , spiritual , etika dan demokrasi.ini musti diestafetkan kegenerasi kekinian sebelum terdegradasi oleh budaya barat dengan cara mengembalikan peran niniak mamak , cadiak pandai dan tokoh adat sebagai pembina generasi dengan memberikan contoh teladan yg baik atau bisa juga melalui workshop dengan tema budaya minangkabau. maka dari itu semustinya tokoh adat hendaknya jangan terjun kedunia politik praktis.

sepulang dari kantor SAMSAT pariaman untuk membayar pajak kendaraan roda empat seorang sahabat datang ketempat saya menyampaikan pentingnya peran media alternatif independent untuk sosial kontrol dipariaman ini,lanjut ia menjelaskan media yg independensinya terjaga kelak tentunya akan jadi acuan bagi masyarakat untuk memperoleh berita objektif ketimbang oknum media yg loyal dengan humas pemerintahan tukuknya, ia berharap banyak kepada pariamantoday.com katanya lagi. saya menjawab InsyaALLAH hingga saat ini saya masih diberi otak yg bersih oleh ALLAH SWT sehingga tahan akan godaan amplop sembari mencontohkan beberapa kasus yg saya alami dilunakan dg berbagai cara termasuk godaan materi.

teringat saya ketika berdiskusi dgn sekdakab pd pariaman bpk mawardi samah diacara patang mambungkuih alek keponakan dewi (ketua dpd partai NasDem) di RM PAUH RAYA semalam. mawardi samah yg sempat juga gerah dg ancaman wartawan bodrex ini berujar bahwa peran media sangat dibutuhkan dalam sistem pemerintahan bersebab media adalah pilar demokrasi ke-4. "benar katakan benar salah katakan salah sehingga pemerintah bisa berbenah dan mengkaji ulang dalam setiap kebijakannya. bukannya mencari-2 kesalahan" tukuk mawardi sambil makan jagung rebus muda . mawardi samah tentulah sangat mengenal saya bersebab kami dalam gempa th 2009 bahu membahu menangani tanggap darurat diposko induk balaikota pariaman.mawardi juga berujar wacana pemindahan aktifitas pemerintahan kekantor bupati baru diparit malintang tgl 15 oktober dibatalkan.

dilain kesempatan Ahmad Yani SE MM pernah berkata pada saya bahwa konsep pondasi pembangunan dipariaman ini adalah sektor pendidikan " itu yg utama" katanya. " sebab minimnya SDA musti dibalance dg SDM, tentu dengan menitik beratkan sektor pendidikan.. dan itu musti gratis dalam artian yg sebenarnya selama 12 tahun" kata ketua YPAB (Yayasan Pendidikn Anak Bangsa)  yg juga pernah jadi anggota legislatif termuda (26 tahun).

saya berkesimpulan pembangunan berbasiskan SDM dipariaman ini musti ditopang oleh semua lini, mari kita saling bahu membahu, niniak mamak, ulama, cadiak pandai dan para tokoh adat agar bersinergis dengan pemerintahan agar kedepannya generasi kita berjaya.. berilmu, berbudaya, ulet,militan dan yg tak kalah pentingnya punya kecintaan yg tinggi pada daerahnya.. sehingga kelak generasi muda pariaman kedepan menjadi "generasi biru"..

catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update