Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mari Berbenah Untuk Kemajuan Kota Pariaman

8 September 2012 | 8.9.12 WIB Last Updated 2017-07-24T15:59:59Z

SEORANG anak muda brilian pernah mengatakan kepada saya tentang potensi wisata bahari yg ada dilepas pantai kota pariaman ini, ia menambahkan dengan banyaknya hotspot yg ada dilautan kita yg punya pemandangan sangat indah dan dipagari empat pulau yaitu , pulau angso, pulau tangah, pulau ujuang dan pulau kasiak sangat diminati oleh penghobi wisata bahari memancing. " saya sudah beberapa kali membawa wisatawan dari singapura dan malaysia memancing kepariaman ini da.." katanya kala itu.

mayoritas wisatawan mancanegara yg hobi memancing sangat memuji keindahan pemandangan laut lepas kita yg biru bak permata shapire , sedangkan dasar lautnya dihiasi karang terlihat jelas memikat dikejernihan air, ikan gerapu, capa dan ikan karang lainnya berenang melenggang lenggok disela-2 bebatuan karang yg sangat indah, begitu juga dengan tanaman laut yg menari-nari seirama dengan gemulainya arus air dasar laut.. semua jernih, nyata dan indah hamparan pemandangan dasar laut dikota pariaman ini."ini musti dimaksimalkan" tukuknya kala itu.

saya tidak habis pikir kenapa sektor wisata bahari ini tidak digarap dengan maksimal oleh pemerintah daerah ini? selain mendatangkan PAD melalui wisata bahari juga tentunya berujung pada pengunjung wisata mancanegara yg hobi memancing, menyelam dan tentunya banyak lagi, kita punya potensi kenapa tidak digali dan dioptimalkan.. kenapa kita tidak pernah mengadakan even akbar untuk memperkenalkan wisata bahari kita semacam lomba dayung sampan kepulau, selancar angin atau lomba jetsky motor air dengan rute mengelilingi keempat pulau yg dipagari pohon kelapa yg entah sudah berapa umurnya..

kenapa pihak-pihak terkait tidak pernah mengumpulkan anak-2 muda era kini yg melek strategi ilmu kepariwisataan buat diajak berdiskusi dan dimintai masukannya untuk menggeliatkan sektor tersebut? apakah karena pemuda-2 tersebut tidak punya basis massa yg selalu diminati oleh kalangan tertentu guna meraup suara untuk pemilu? hayolah bung ! openminded! segala sesuatunya jangan dihitung kali-kali politiknya.. rangkulah pemuda-2 yg berkompeten , militan kepada kampungnya serta benar-2 ingin ikut serta dalam membangun kota pariaman ini. jangan hanya merangkul para penjilat yg orientasinya untuk kepentingan mereka pribadi.. itu salah besar !

tujuan hakiki politik adalah untuk memajukan dan mensejahterakan taraf hidup masyarakat dengan perjuangan baik di eksekutif maupun legislatif. tujuan berpolitik bukan untuk mensejahterakan suatu kelompok tertentu sehingga berimbas pada kepentingan utama yg prosentasenya lebih banyak yaitu masyarakat.. marilah jernih berfikir , berjernih hati ,mari mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan yg berdampak positif dan langsung bagi masyarakat.. singkirkan proyek-2 yg dirasa pembangunannya tidak berdampak sosial pada ekonomi masyarakat.. silahkan anda hitung sendiri berapa jumlah proyek yg tidak memikirkan aspek sosial kemasyarakatan dikota pariaman yg konon masih traumatis pasca gempa 2009 yg boleh dikatakan belum pulih secara ekonomi..


catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update