Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

H ZAINAL BAKAR SH Telah Berpulang dan Kisah-Kisah yg Tak Terpublikasikan

31 Juli 2012 | 31.7.12 WIB Last Updated 2012-07-31T03:10:03Z

              bpk gamawan fawzi menjenguk alm semasa sakit . image padang-today.com


terkejut saya ketika baru bangun pagi barusan, ketika bermula menghidupkan hp saya yg kebetulan merk blackberry. bertubi-tubi bunyi dentingannya. saya berkebiasaan mematikan hp diatas jam 1 malam dan baru menghidupkannya disaat saya bangun pagi, meskipun disaat sahur sekalipun.tak jarang orang yg betul-betul ada keperluan penting dikala waktu tersebut menghubungi saya kenomor privat alias datang ketempat dimana saya tinggal.


bbm yg berdenting mulanya dari sahabat saya dari Padang, kemudian dari bbm broadcasting yg ditandai dengan tulisan berwarna ungu. pesan bbm tersebut berbunyi "Innalillahi wainnaillahi rojiun..telah berpulang kerahmatullah bpk H.ZAINAL BAKAR SH (72) pukul 7.30wib selasa 31 juli di RS M JAMIL PADANG ".


Terkaget saya dibuatnya, saya langsung meyakini ikhwal kabar duka ini benar adanya setelah menghubungi kerabat almarhum yg berdomisili dipariaman ini. almarhum adalah mantan bupati pariaman (kala itu kota dan kab masih satu administrasi pemerintahan dan juga kepulauan mentawai). almarhum adalah bupati yg menjabat 2 periode berturut-turut, setelah itu almarhum juga menjabat GUBERNUR SUMBAR 1 PERIODE SEBELUM BPK GAMAWAN FAWZI (Kini Mendagri).


apa kenangan saya sama almarhum? secara langsung tidaklah ada.. namun ada sebuah cerita yg patut saya sampaikan disini, senior saya seorang tokoh pemuda yg sangat disegani dikota padang beberapa bulan yg lalu sebelum ramadhan sempat sepalanta dengan saya dikawasan pondok pecinan kota padang.


senior saya ini bernama broken ujang saraf. ia orang yg paling nekat selama ini yg pernah saya kenal, meskipun kini ia sudah berumur hampir 60 th jangan ditanya mental dan keras hatinya. ditahun 90an disaat rezim soeharto dimana tentara sangat ditakutkan ia malah memakuknya dengan lading.


dajang saraf adalah semacam adik saja oleh joelok (panggilan kami orang pariaman terhadap alm ZAINAL BAKAR). ada dikala musim durian semasa joelok masih menjabat gubernur, berduyun-duyun bupati dan walikota diwilayah sumbar ini mengantarkannya kerumah beliau, tak tanggung-tanggung berfuso-fuso kata dajang ketika itu.


oleh karena penuhnya halaman parkiran dirumah dinas gubernur semasa itu datanglah dajang ini kesana. dan berkata pada joelok " jo.. banyakna durian mah untuak siako?" dijawab alm "entah jang.. itu kiriman dari bupati yg tidak pernah saya memintanya, kalau ujang mau ambillah semua, jual dan uangnya buatkan rumah" kata joelok sebagaimana ia tuturkan kepada saya dan beberapa teman sepalanta lainnya,, dan dajang mengamini dan membawa durian yg ber fuso-fuso ini kepasar raya buat dijadikan uang..


benar adanya dan diakui dajang.. sekarang rumahnya sudah siap dan megah.. ia sangat bersyukur..dan hingga kapanpun tak kan pernah melupakan jasa almarhum..


selamat jalan joelok.. semoga ALLAH memberikan tempat yg layak disisinya..AMIEN..


Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update