Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banjir Bandang Padang dan Kondisi Terkini

25 Juli 2012 | 25.7.12 WIB Last Updated 2012-07-25T03:35:01Z

                                                         
                                                            image jpnn.com
Sampai pukul 1 malam saya mengumpulkan informasi dari para sahabat jurnalis yg meliput banjir bandang dikota padang, kami berkomunikasi intensif via bbm , pernah beberapa kali saya telpon namun selalu tulalit.secara hukum alam banjir ini bersebab oleh tingginya curah hujan semenjak sore yg mengguyur kota padang, sehingga debit dan volume air yg tinggi dan mengakibatkan banjir disertai lumpur dibeberapa kawasan disaat warga kota menunggu saat-saat berbuka.


                                                                          image antara


benny seorang sahabat saya dipadang berujar hujan baru reda sekitar pukul 10 malam, ia memantau langsung volume air yg meninggi dibatang air samping minang plaza. banyak warga yg memantau sambil waswas diatas jembatan kawasan airtawar tersebut.



                                                                 image antara


bendungan PDAM dikawasan gunung pangilun jebol dan hingga kini pasokan air kerumah-rumah warga yg berlangganan terhenti akibat dahsyatnya banjir bandang semalam.setelah saya verifikasi langsung ketika sahur tadi barulah saya mendapatkan gambaran yg mendekati pasti akan kerusakan banjir bandang berkategori dahsyat tersebut,ini perlu saya yakini dengan mendalam bersebab rancunya pemberitaan portal online semalam yg memposting cepat berita ini.


                                                                  image tribunnews.com


berikut rangkuman informasi dari beberapa jurnalis yg saya hubungi semalam hingga subuh tadi yg saya tulis dengan bebas namun mengacu pada informasi yg diberikan oleh sahabat-sahabat jurnalis yg meliput tersebut dan juga warga kota padang yg saya kenal :


dikawasan limau manis dekat kampus unand semalam ratusan warga terjebak akibat debit air yg meninggi. jembatan dibatu busuk terputus dan sebuah musola hanyut oleh hantaman banjir bandang ini,batang air kuranji juga dilaporkan menumpah karena tak sanggup menampung volume air.sementara dikawasan kampung kalawi tak bisa dilalui bersebab jembatan tergenang oleh air yg dalam.


daerah terparah dilaporkan dikawasan cupak tangah kecamatan pauh, banyak warga yg terjebak dan disinilah timsar dibantu TNI dan warga bahu membahu melakukan aksi cepat tanggap darurat menyelamatkan warga yg terjebak oleh genangan air.


sementara kawasan siteba,lubuk kilangan,subarang padang dan kurao juga tergenang ujar seorang sahabat saya melaporkan.


beberapa rumah warga hanyut dikawasan terparah tersebut dibatu busuk dan cupak tangah pauh, sementara laporan korban jiwa yg hingga kini masih simpang siur, "kita tunggu pengumuman resminya dari BPBD PADANG" kata sahabat jurnalis via bbm. sebelumnya 12 orang dilaporkan hilang  dan isu 6 diantaranya meninggal belum bisa dipastikan kita tunggu pengumuman resmi pihak BPBD SUMBAR yang dikomandani yazid fadli.(agung *KOTI MPW PP SUMBAR* berujar bahwa warga yg hilang tersebut sudah berhasil ditemukan)


sementara warga yg saya hubungi menyatakan bahwa korban jiwa kebanyakan anak-anak yg tidak bisa menyelamatkan diri (KEPASTIAN BELUM RESMI), banjir bandang dikawasan limau manis ini diawali dengan suara bergemuruh sebelum hondohan BANJIR bandang menyusul.kampus bung hatta yg terletak ditepi laut juga tergenang banjir semalam kata keponakan saya yg tinggal disekitaran area kampus ulak karang padang.


bagaimana keadaan sekarang ini?


sejak subuh tadi menurut anggota mpw pemuda pancasila, sahabat saya agung, air telah menyusut, dan ketika saya menulis ini ia mengatakan via telpon bahwa masyarakat dan BPBD dibantu polri dan TNI bahu membahu melakukan pemulihan infrastruktur darurat. pagi ini air telah susut total kata agung, 10 orang warga yg dikabarkan hilang semalam sudah ditemukan oleh timsar bpbd dibantu polri dan TNI. sementara agung ketika saya tanyakan perihal 6 orang korban meninggal belum berani membenarkan sembari mengatakan menunggu pengumuman resmi dari pihak terkait tukuknya..


Guru besar Universitas Andalas, Isril Berd menyebutkan, terjadinya banjir karena alih fungsi lahan di kawasan Limau Manis dan adanya penebangan., kawasan Limau Manis merupakan daerah hulu bagi Batang Kuranji. Alih fungsi juga karena pembangunan pemukiman. “Tata guna lahan ini yang perlu jadi perhatian,” katanya kepada wartawan singgalang.


demikian liputan kami yg meskipun tak terjun langsung kelokasi , rasanya cukup menyajikan informasi yg saya dapat dari berpuluh-puluh narasumber sedari malam hingga pagi ini yg saya rangkum dan mengacu pada informasi yg saya dapatkan.


catatan oyong liza piliang









×
Berita Terbaru Update