Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

(IN MEMORIAL) sosok alm kolonel ANAS MALIK sangat dirindukan [GALERY FOTO2 BY ELVIS BETRIZON]

9 Mei 2012 | 9.5.12 WIB Last Updated 2012-06-21T17:09:08Z
                               
sebuah email masuk ke pariaman news. namun sipengirim tidak mau dipublikasikan namanya. dia meminta saya menulis ulang materi artikel yg ia kirimkan kepada kami.. dia menganggap tulisannya belum layak posting,,(padahal tulisannya bagus lho). poin materi tulisan yang ia kirimkan cepat saya tangkap. sipengirim email ini juga warga kota pariaman yang juga suka 'kalapau'. menurutnya setiap lapau yang ia kunjungi nama mendiang alm.kol ANAS MALIK mantan bupati pd pariaman,yang ketika itu kota pariaman dan mentawai masih kesatuan wilayah administratif pemerintahan kab pd pariaman. alm anas malik ini paling sering jadi tolak ukur untuk kandidat yang akan bertarung diajang pilkada,periode lalu maupun periode tahun depan. sipengirim email ini mengatakan punya kenangan dengan alm kol anas malik ketika ia berumur 12th, dia menceritakan kakaknya pernah kena tempeleng alm akibat merokok ketika umat islam sedang menjalankan ibadah puasa di beranda rumahnya yg kala itu sepi disiang hari, sekonyong2 alm datang dengan jip hardtopnya dan langsung berhenti melihat aksi kakaknya tadi yg merokok dantentunya asap rokok tersebut kelihatan oleh beliau bupati kala itu. dan katanya lagi alm juga menasehati kakaknya tersebut , dan ia ingat betul perkataan alm anas malik ketika itu " selain badoso dek indak puaso , waang maagiah contoh yg buruak kamasyarakaik,tarutamo adiak waang nan duduak disampiang waang ko"demikian kenangnya.. kemudian alm menepuk2 bahunya dan berbisik ,jan ang tiru lo parangai kakak ang tu, ndak jadi urang waang beko ..".


sipengirim email yang tak mau disebutkan namanya ini sekarang pns dikota pariaman,nasehat alm kol anas malik selalu dia ingat dan ia pegang dalam hal prinsip, disiplin dan tata krama katanya lagi dalam emailnya ini . katanya dia mengenal saya dan akan main2 ketempat saya sekedar diskusi tentang polemik  "pacah kongsi" wako dan wawako yang ia baca dipariaman news ini. dia mengaku cukup banyak tau akan hal itu,karena dia adalah pns dan bagian dari jajaran pemko pariaman.




kesimpulan yang saya ambil dari email yang baru saja saya baca, adalah betapa inginnya masyarakat kota pariaman dipimpin oleh pemimpin yang tegas,disiplin,taat beragama,dan jujur dalam setiap ucapan dan tingkah lakunya, hal itu ada dalam karakter mendiang kol ANAS MALIK . belum lagi diskusi diforum2 internet yang acap juga menyebut mendiang sebagai tolak ukur bagi calon2 yang akan bertarung nanti. tentu didunia ini tidak ada manusia yang sama diciptakan TUHAN. namun dari kalimat bersayap tersebut kita bisa petik kesimpulan bahwa masyarakat pariaman setelah wafatnya anas malik, hingga kini belum ada pemimpin pariaman yang bisa mengimbangi ketokohannya,apalagi ketegasan dan kejujurannya sebagai seorang pemimpin,.



kita tentu berharap kepala daerah yang akan datang, yang dipilih langsung oleh rakyat hendaknya memperjuangkan pula rakyatnya sebagaimana yg dicontohkan alm kol anas malik semasa menjabat bupati pd pariaman ketika itu dengan sepenuh hatinya. dan menjauhkan diri dari KKN. serta bekerja fulltime dan selalu berfikir bagaimana memajukan daerah ini kedepan, bekerja keras,jujur dan amanah.. saya rasa itulah yang bisa saya sampaikan mewakili sosok alm kol anas malik yang tak tergantikan.. ANDA RINDU.. APALAGI SAYA.. DAN MASIH BANYAK LAGI DUNSANAK2 KITA YANG MERINDUKAN SOSOK BELIAU yaitu mantan bupati pd pariaman awal th 80an yg melegenda hingga saat ini.. yaitu , ALM.KOLONEL ANAS MALIK.


catatan oyong liza piliang



×
Berita Terbaru Update