PEMIMPIN YANG DIHARAPKAN WARGA KOTA PARIAMAN ADALAH YANG TIDAK PUNYA MOTIVASI LAIN SELAIN MENSEJAHTERAKAN MASYARAKATNYA

           
 jam 23.30 semalam (jumat 4 mei 2012) hp saya berdering, ada teman yang menunggu saya di balai kuraitaji atau biasa disebut 'los lambuang . los lambuang ini selalu ramai setiap harinya . bisa dikatakan 24jam. ketika pagi para pedagang dan lapau2(warung) menghidangkan katupek gulai tunjang dan berbagai jenis sarapan pagi khas piaman seperti minuman favorit disini yaitu teh telor. saya keluar menggunakan motor istri saya, tidak jauh memang sekitar 2km dari tempat tinggal saya. seampai disana saya langsung menuju meja teman2 yang sudah menunggu dan tak lupa menyapa uda2 yang lagi asik main domino,. teman2 hapal betul bahwa saya tidak suka teh telor. makanya tidak mereka pesan sembari menunggu kedatangan saya. kami duduk berempat berhadapan 2-2. saya pesan migoreng dan segelas teh hangat. lalu mengeluarkan rokok dari kantong celana pendek saya dan menaruhnya diatas meja.


cerita sudah kesana kemari saya alihkan namun ujung2nya kembali juga membahas politik , karena kota pariaman menjelang pilkada. diantara kami berempat inilah yang sepakat membentuk "forum masyarakat kota milik bersama". kami independent, tidak akan memihak kepada satu calon. namun misi kami memberi penyuluhan kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. tentunya nanti kami akan melihat jejak rekam kandidat dengan melihat fakta dilapangan dan tidak melawan hukum dengan memfitnah para calon yang akan bertarung nanti. kami hanya akan mengupas jejak rekam para calon yang akan berlaga nanti, kiprah apa yang mereka buat selama ini? apapula visi dan misinya untuk memimpin kota ini kedepan, dan program apa yang mereka punya untuk mensejahterakan masyarakat kota pariaman. dan ingat! kami sangat independent! hanya orang2 yang punya integritas moral tinggi yang bisa bergabung diforum ini nantinya.


 bagaimana cara kerjanya? itu bisa diatur nanti. bisa juga dengan debat kandidat yang kami moderatorisasikan lewat forum terbuka. atau juga kami bisa juga bekerja sama dengan pemilik stasion radio yang sudah saya anggap kakak kandung saya sendiri yaitu mba ima syarief abidin (dirut damai fm). dan bagaimana kedepannya cara kerja forum ini agar tidak bertentangan dengan hukum namun sangat berguna bagi menambah wawasan pemilik suara , akan kami matangkan dan musyawarahkan dalam waktu yang akan datang. tentu tidak dilapau2 lagi. dan pastinya bisa dimana saja asalkan jangan didepan umum.bisa dirumah saya atau teman2 saya.


kita tidak ingin masyarakat pariaman tertipu dengan keadaan, kita ingin menyalurkan aspirasi mereka yang mengharapkan pemimpin kota pariaman benar2 fokus dan mencintai warganya. dan tidak punya motif lain dibalik itu,seperti memperkaya diri sendiri dan kelompoknya atau haus akan kekuasaan. hal ini bukan tanpa alasan. hasil survey kami yang tentunya tidak tertulis kami dapat poin dari pokok keinginan masyarakat kota pariaman. setiap ada kesempatan kami selalu menanyakan figur seperti apa yang masyarakat inginkan. dan hampir 80 persen menjawab menginginkan pemimpin kota pariaman kedepan orangnya harus jujur,tegas,cinta masyarakat dan tidak punya motif ekonomi seperti memperkaya diri . masyarakat ingin setelah mereka terpilih harus menepati janjinya kepada masyarakat kota pariaman, bukan janjinya pada partai pengusungnya! tidak muluk2 kok keinginan masyarakat... mereka hanya ingin disejahterakan,dipermudah dalam urusan surat menyuratnya di birokrasi. dan pembangunan yang tepat sasaran. dari sinilah terbetik keinginan kami membentuk forum independent masyarakat kota milik bersama. dan itu dijamin oleh uu 45, bahwa setiap kita punya hak yang sama demi memajukan kehidupan bangsa dan negara,atau dengan kata lain setiap masyarakat kota pariaman berhak berkata "kota pariaman aku yang punya!"

catatan oyong liza piliang

follow twitter @oyongliza76