Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

buya hamka penah berkata : "umurmu akan lebih lama panjangnya sesudah matimu"

13 Mei 2012 | 13.5.12 WIB Last Updated 2012-05-13T10:59:17Z
                                      museum rumah kelahiran BUYA HAMKA


BUYA HAMKA memang seorang OTODIDAK SEJATI. dia tak pernah tamat sd dan tak punya diploma di indonesia. namun dia bergelar profesor doctor. gelar profesor didapatnya dari universitas paling pertisius islam didunia, yaitu UNIVERSITAS al azhar. serta gelar doctornya dari universitas yang sangat ternama dimalaysia. diera th 70-80an buku2 karangan beliau masuk kurikulum sekolah menengah dimalaysia ketika itu. hubungan negara indonesia dan malaysia semasa itu sangat harmonis. tidak seperti sekarang ini yang perang syahwat dan sangat sensitif.


bukunya yang paling saya suka ialah yang berjudul pribadi, dan buku inipun hibahan dari ayah saya. dan masih menggunakan ejaan lama. kalau saya tidak salah ingat cetakan th 50an. anak2 saya tau betul (terutama anak tertua saya, yona 8th) buku itu sangat berharga bagi ayahnya , dan memahami betul tidak boleh sekali kali buku2 tersebut dibuat mainan . hanya anak saya yang kecil, yang berumur 16 bulan yang berani,dikarenakan dia belum berakal 'dan jadi ratu dan urang paliang bagak' dirumah ini,ada beberapa lembar halaman dirobeknya.. namun saya lem kembali dengan rapi (rapi menurut ukuran saya).


selain ulama besar, buya hamka juga seorang penulis,wartawan,budayawan sekaligus politisi. tafsir ALQUR,AN AL AZHAR sebuah maha karyanya ,dia rampungkan selama ia mendekam dipenjara. lengkap ke30 juzzannya . semasa itu dia dipenjara disuka miskin karena berbeda pandangan politik dengan bung karno, apakah buya dendam? tidak.. malahan dialah yang mengimami sholat jenazah bung karno ketika wafat .

bila pesan2 moralnya dalam berbagai buku karangannya, dapat kita simak dan aplikasikan,tentu sangat baik untuk memperkokoh kepribadian kita . didalam bukunya yang berjudul tasawuf modren contohnya,, dia tak segan2 mengkritisi aliran tasawuf yang anti duniawi, yang siang malam "menunggu" mesjid, berdoa dan berzikir. dan dalam bukunya itu pulalah ia menjelaskan pembagian tugas pokok antara duniawi dan ibadah guna bekal di akhirat nanti . beliau bahkan mengutuk bila orang2 mengkultusksn orang2 yang dianggap besar namun telah wafat untuk diziarahi dan meminta doa dimakam kubur orang yang dikultuskan tersebut. pemafaman feodal itu masih ada hingga kini. beliau mengatakan hubungan kita dengan ALLAH harus langsung tanpa perantara siapapun. terkabul tidaknya sebuah doa tergantung pula dari usaha kita, lebih tepatnya jangan lupa berdoa sebelum berusaha ,dan jangan pernah tinggalkan ibadah wajib, serta selalu bersikap sesuai ajaran islam, lambat launnya akan terkabul juga doa kita kata beliau.


dia menerangkan dalam beberapa karangannya, selain NABI BESAR MUHAMMAD SAW yang namanya masih hidup hingga kini juga menyebut SYEKH MUHAMMAD ABDUH seorang ulama besar mesir yang pernah diusir pemerintah yang berkuasa saat itu. dan saya sambung pula dengan beberapa kutipan nama besar yang masih ditauladani hingga kini. mereka diantaranya ABRAHAM LINCOLN presiden amerika ke 16 yang menghapuskan perbudakan di amerika. dia mati ditembak ketika merayakan keterpilihannya yang kedua kalinya sebagai presiden amerika,begitu juga MAHATMA GANDHI dia dikenal sebagai tokoh yang sangat rendah hati,anti kemapanan,rela menumpang kereta digerbong  kelas paling ekonomis.padahal dia seorang presiden. beliau akhirnya meninggal akibat dibunuh juga . namun coba tanyakan siapa yang tak kenal mahatma gandi hingga kini??ajarannya makin banyak dipakai hingga kini di india bahkan sampai umat hindu bali, 

MUSSOLINI DAN HITLER masih disebut juga namanya hingga kini ,namun dari tendensi negatif. contoh buruk bagi dunia, dan mereka berdua mati tragis ,parahnya lagi jenazah hitler hingga kini tak pernah ditemukan. film2 tentang hitler dan nazi adalah film paling banyak diproduksi dunia . lebih banyak dari sekian judul film james bond 007. dan ajaran2nya  ditinggalkan orang, serta faham2 ideologis politiknya dianggap melawan hukum diberbagai belahan dunia, terutama eropa dan amerika.


semua contoh pemimpin positif diatas tentulah bukanlah orang sembarangan. dia pemimpin besar.motivasinya memimpin adalah memperjuangkan hak2 rakyatnya semua tenaga dan fikirannya siang dan malam bagai mana mencari cara mensejahterakan rakyat yang dipimpinnya. ideologi pemimpin22 besar yang sukses dan dikenang hingga sekarang. hendaknyalah jadi acuan politisi/pemimpin yang benar2 ingin jadi abdi masyarakat. kita bisa melihat pemimpin era kini ditanah air sangat berbeda dengan motivasi pemimpin2 revolusi dan pejuang kemerdekaan negara kita dahulu. orang jadi pemimpin sekarang banyak kita lihat baik dipusat maupun tingkat daerah selalu punya motif terselubung dibaliknya, hanya satu dua orang yang benar2 mengabdi kepada masyarakatnya,, dia punya integritas moral yang bagus,selalu berusaha bersih dan humanis melayani rakyat yang dipimpinnya, ber empati kepada rakyatnya. mereka sering terlihat langsung terjun kelapangan untuk mengetahui kondisi real masyarakatnya. tidak hanya duduk2 dikursi empuknya dan menerima laporan yang baik2 saja dari para penjilat2nya..

 pemimpin tipe beginilah yang kita harapkan sekarang ini untuk dipilih di pilakada kota priaman kedepan. saya yakin orangnya pasti ada,, sekurang2nya dibawah jokowi sedikit tidak masalah asalkan kejujuran ada dalam dirinya. yang ber empati ,serta jujur kepada rakyatnya yaitu dengan berperilaku terjaga dan tentunya tidak mengkorupsi uang rakyat.. bukan pemimpin arogan,suka menyindir dalam berbicara (ketika orang yang baru saja bicara dihadapannya pergi,orang itu langsung pula dia jelek2an kepada kita), dan bukan pula pemimpin yang berteman dan bergaul dengan kontraktor2 besar yang bermain proyek pemerintahan yang dia pimpin(yang ini bisa saja dicurigai ada apa2nya). 

ingat alm kol anas malik ,sudah berpuluh2 tahun kematiannya namanya tetap dikenang hingga kini. kenapa? semua orang piaman sudah tau (dan bagi pembaca yang ingin kenal lebih dekat dengan sosok alm kol anas malik ,klik aja label tokoh diweb ini)


pemimpin2 sekarang atau bisa dikatakan oknum pemimpin banyak yang menganggap dirinya "raja" omongannya tak boleh dibantah,karena dia walikota dia menganggap dia yang terpintar didaerahnya,belum selesai orang bicara dia sudah tau, padahal menyimakpun dia tidak. kalau mau jadi raja pergi mintak ulang dilahirkan  diperut putri pewaris kerajaan2 yang banyak dieropa sana.. kalau disini semua kita yang punya anda dan juga saya...mau dianggap raja... raja APANYA? RAJA DARI HONGKONG!!.. JIKA DIPARIAMAN INI KINI MAUPUN KELAK JIKA ADA WALIKOTA YANG DEMIKIAN kita dengan mudah mendebatnya MEMANGNYA PARIAMAN INI PUNYA NENEK MOYANGMU?? DAN TANYAKAN SERTIFIKAT KOTA PARIAMAN INI KEPADANYA!


catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update