Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

bripda ANDRE penyidik termuda di polresta pariaman yang humanis

8 Mei 2012 | 8.5.12 WIB Last Updated 2016-08-25T04:21:42Z
                                                      BRIPDA ANDRE  
                             
(2012) Tak terhitung kalinya saya mengunjungi Polres Pariaman. Baik sekedar silaturahmi maupun terkait kasus yang kami dampingi . pernah saya hampir lupa dengan bripda andre sekali, namun dengan cepatnya dia menyalami kami dengan senyum ramahnya,, dia masih muda dan penyidik yang handal dipolresta pariaman. sebagaimana kita ketahui penyidik dikepolisian haruslah ditempati oleh orang2 dengan SDM yang handal. serta pemahaman ilmu hukum yang mumpuni. karena buruk baiknya institusi kepolisian tak terlepas dari kinerja penyidiknya.

barusan saya mengunjungi polresta pariaman ,si andre ketemu lagi, dia tampak rapi dan profesional. dia seperti biasa menyalami saya dan berbicara tentang hal2 yang berhubungan dengan kepindahan kekantor baru ini. andre adalah penyidik termuda dipolresta pariaman. saat ini dia juga melanjutkan studi mengambil jurusun hukum pidana disalah satu perguruan tinggi dikota padang. alasannya masuk akal memang.setiap materi kuliah yang ia pelajari langsung dapat diaplikasikan terkait kinerjanya sebagai penyidik . hal itu dia katakan dulu ketika andre menemani saya menjemput tahanan anak2 dibawah umur dipolsek sei.limau (penangguhan penahanan)


                        UNIT PPA/PEREMPUAN DAN ANAK

Andre kelahiran padang 30 juni 1991 ini yang sudah berdinas 1,5tahun dipolresta pariaman ,dia adalah salah satu penyidik yang dapat diandalkan .. prinsipnya lebih baik kita menyidik dengan bahasa sopan dan humanis daripada menggunakan cara2 lama yg sudah tak efektif lagi. dengan sikap humanis orang yang disidik akan rileks dalam memberikan keterangannya. dan itu sangat membantu tugas kami, demikian katanya. sangat masuk akal sekali.

andre yang bekerja di unit 1 tindak pidana umum ini, sekarang ini sedang mengungkap kasus penganiayaan yang dilakukan secara bersama2 di plaza pariaman. korban yang ditusuk menangkis dengan tangannya,sehingga korban mendapat jahitan sebanyak 20 dibagian tangan kanannya.saya tidak menanyakan betul kronologisnya,kasus ini berlanjut dan pelakunya sekarang ditahan dipolresta pariaman, atau bisa juga ditahan dipolsek2 yang masih wilayah hukum polresta pariaman, karena saya tidak menanyakan.namun biasanya jika tahanan polresta penuh tahanan tersebut akan dipindahkan keruang tahanan polsek sei.limau yang masih baru dan lapang.

disamping andre ada juga riko penyidik muda lainnya yang humanis, andre berprinsip bahwa tugas pokok kepolisian selain melayani dan menjaga keamanan masyarakat juga mesti membaur dengan masyarakat. tentu dengan sikap yang sopan dan humanis sehingga polisi dapat diterima oleh masyarakat sebagaimana mestinya masyarakat sipil biasa. untuk mengubah paradigma tersebut andre sangat bersyukur dengan himbauan bapak kapolres akbp bondan widjcaksono sh sik , menjadikan polisi sebagai mitra masyarakat dengan berperilaku positif dan humanis.. kunjungan singkat tadi selain berkunjung juga melihat2 unit sentra baru pelayanan perempuan dan anak anak. selamat bertugas buat ANDRE dan RIKO. buruk baiknya citra kepolisian kedepan tentulah dengan sikap perilaku anggotanya dilapangan. ANDRE meskipun muda telah memberikan contoh positif bagi kita, dengan sikap dan perilaku yang humanis dia dikenal sebagai polisi yang baik dimata masyarakat.

×
Berita Terbaru Update