biarkan hidup ini mengalir bagaikan air


tidak jarang kita dihadapkan pada situasi sulit dalam hidup ini, desakan ekonomi, problem hidup dan lain sebagainya.. setiap masalah yang datang kepada kita wajib kita syukuri, kenapa? karena dengan hal itulah kita bisa memetik hikmah dan pelajaran berharga dalam kehidupan. dan jangan sekali2 takut dan jangan pernah menyesal tentang apa yang telah kita perbuat. setiap perbuatan yang kita lakukan tentu ada konsekwensinya bagi kita. dan jika hal itu menyangkut kebenaran jangan pernah takut dan jangan pula sekali2 pernah menyesal.bila hal itu salah cepat2lah minta maaf.. namun jangan pernah menyesalinya apapun perbuatan yang telah kita lakukan. dengan perbuatan salah kita bisa memperbaiki diri, itulah makanya jangan pernah menyesal.. karena segala yang telah kita lakukan tidak akan pernah bisa ditarik kembali.dan pelajaran berharga berada dibalik itu semua.

seorang filsuf pernah berkata bahwa kita selalu akan jadi seperti apa yang kita fikirkan. dalam hal ini bila saya jabarkan kita kedepan adalah visualisasi kita hari ini.. apa yang jadi tujuan hidup kita haruslah kita selalu fokuskan mencari jalan kearah sana.. patah semangat terkadang hinggap juga kepada kita.namun bila fikiran kita selalu fokus ,dalam waktu yang tidak lama kita akan bangkit lagi..

saya tak pernah kagum kepada orang2 kaya dan jutawan. saya akan kagum kepada seseorang bila ia punya kepribadian besar, pejuang besar dalam bidang yang ia geluti, kita ambil contoh buya hamka dengan memodren kan islam dimesjid al azhar dikebayoran lama. orang2 gedongan rajin kemesjid dibuatnya.. tentu dengan caranya pula. sangat banyak orang yang diislamkannya, dan jadi anak angkatnya,, abraham lincoln, meskipun mati ditembus peluru ,nilai2 perjuangannya dalam pembebasan budak masih melegenda hingga kini. ada lagi bunda teresa, bono, che guevara dan yang sampai kini masih tetap berjuang dinegara tetangga kita adalah aung syan syuki. sekarang dia dipenjarakan. namun hanya badannya yang bisa dipenjarakan oleh diktator sana.. idealisme dan pemikirannya tentang demokrasi dinegaranya mengaum keseluruh dunia dan di indonesia.

bagi saya itulah yang namanya orang besar.. orang kaya jarang dikenang bila ia tidak mengabdi dan berbuat kepada umat manusia. andrew carnegie salah satu contoh orang terkaya dizamannya yang sangat masyur namanya hingga kini.. kenapa? karena lebih dari separoh kekayaannya dia sumbangkan untuk dunia pendidikan dengan carnegie fondationnya. dia pengusaha baja yg memulai karier dari nol. dan juga john rockkafeller I  yang tak kalah juga masyurnya dengan pengabdiannya dan sumbangan kepada dunia pendidikan dan kesehatan melalui yayasan amalnya.. kedua nama diatas telah lama wafat, namun kiprahnya masih dapat dirasakan hingga detik ini.

lalu bagaimana dengan saya dan anda?? mari sama2 kita renungkan, buat apa kita diciptakan kedunia ini... dan kalau saya menjawab.. kita diciptakan tentu dengan sebuah alasan

catatan oyong liza piliang