Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

apakah pilkada pariaman tanpa majunya incumbent?? akankah star di 0km?

24 Mei 2012 | 24.5.12 WIB Last Updated 2012-05-24T04:11:51Z

ini sering jadi bahan diskusi dilapau2 yang saya singgahi, sangat beralasan memang terkait masalah hukum yang melibatkan incumbent wako pariaman sekarang ini. masalah ini sudah lama berlarut2 baik ketika ditingkat penyidikan polda hingga diambil alih kejaksaan tinggi sumbar. jika mengacu pada hal diatas ,jika kasus ini belum jelas duduk perkaranya atau jika nanti dilimpahkan kepengadilan untuk disidangkan, sudah sangat memungkinkan incumbent akan sulit bertarung diajang pilkada kedepan. apa sebab , partai pengusung ditingkat pusat akan memikirkan dampak politiknya jika mengusung seorang tersangka terhadap perolehan suaranya di 2014. ini tentu dengan logika politik sederhana,, ditingkat pusat sedang disorot parpol2 yang kader2nya terkait masalah korupsi yang pastinya berdampak pada menurunnya rating partai tersebut.

yang kedua jika sp3nya turun. masyarakat yang tergabung dalam berbagai forum gerakan anti korupsi ditingkat sumbar tentu tidak akan tinggal diam. upaya hukum masih banyak.. diantaranya dengan melaporkan ulang kasus ini ke KPK jika ditemukan bukti negara dirugikan diatas 1milyar. ini juga sangat memungkinkan, karena selama ini banyak praktek2 "permainan" dilingkungan pemko yang sudah dikantongi para aktifis2 dikota ini. hal ini saya sendiri sudah diberitahu oleh salah seorang tokoh masyarakat dikota pariaman ini. jika dilihat dari gerakan2 yang sangat gigih dari para aktifis tersebut sangat memungkinkan sekali pilkada mendatang STARTING DI NOL KILOMETER.

jika hal tersebut seandainya terjadi
sangat memperketat persaingan diantara balon2 yang akan bertarung memperebutkan BA 1 M . disininilah popularitas dan elektabilitas seorang balon musti digenjot . bisa dengan program2 mereka yang menguntungkan rakyat dan mudah dipahami dengan logika orang awam hingga mengangkat popularitasnya dengan berbagai macam sarana yang ada. baik iklan dimedia cetak, radio2 ,televisi bahkan situs2 online yang mempunya trafickline tinggi. serta mulai sedari kini membentuk tim propagandanya , atau dengan bahasa lainnya dengan membentuk tim bayangan yang berkampanye dengan sangat halus sehingga tanpa disadari masyarakat, dia telah mengangkat balon yang ia jagokan. tim bayangan ini mustilah orang2 yang sangat profesional.. tidak perlu dengan menyebut namapun dia bisa menjual nama orang tersebut dengan "jurus ilmu komunikasi" politik. sedangkan yang terang2an mengangkat nama suatu balon disaat sekarang ini dengan mudah dia ditebak dia pasti orang si "anu". dan masyarakat yang dipariaman pada melek politik akan "maloyo kalang"nya.

dalam tahap sekarang ini bagi seorang yang piawai dalam berpolitik dia cukup hanya diam dalam untuk 2 bulan kedepan.. biarkan tim propagandis mereka yang bekerja, dengan cara2 yang tentunya oleh orang yang paham juga jurus2 politik. jika seandainya memang pilkada kedepan starting di nol kilometer semua kandidat yang akan berlaga sama2 berpotensi untuk menang.. dengan catatan pandai pandailah "bermain" . dan anda musti orang yang punya integritas moral yang yang tidak cacat dimata masyarakat pariaman..........

catatan oyong liza piliang

×
Berita Terbaru Update